• News

  • Peristiwa

Jubir Covid-19 Minta Pemudik Tak ke Jakarta, Tengku Zulkarnain: Apa? Enak Saja!

Tengku Zulkarnain, Wasekjen MUI.
mui.or.id
Tengku Zulkarnain, Wasekjen MUI.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain angkat bicara terkait pernyataan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto. Yurianto mengimbau kepada masyarakat yang ada di daerah agar tidak kembali ke Jakarta untuk mencari nafkah, dalam situasi pandemi Covid-19.

Berikut pernyataan Tengku Zulkarnain, dikutip dari cuitannya, Senin (25/5/2020):

"Apa...?

Enak saja...!

Rumah di Jakarta.

KTP Jakarta.

Terus Jangan Pulang ke Jakarta?

Apa kami disuruh pulang ke Beijing?

Pulau Reklamasi dibangun lagi, lalu masuk Orang Orang dari China, beli rumahnya. 

Bagaimana?

Boleh?

"Hari baik bulan baik: Tapi Jubir bicaranya tidak baik...," kata Tengku Zulkarnain.

Sebelumnya Yuri jelaskan bahwa kembali ke Ibu Kota yang sekarang ini menjadi episentrum Covid-19 justru dapat menjadikan permasalahan semakin besar.

Selain itu, Yuri juga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), baik ke luar atau masuk Provinsi DKI Jakarta, sebagai bentuk upaya pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun, masa PSBB DKI Jakarta telah diperpanjang hingga tanggal 4 Juni 2020 mendatang.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa aktivitas masyarakat keluar dan masuk wilayah Jakarta pada masa pandemi dilarang dengan pengecualian. Siapapun yang melaksanakan perjalanan keluar-masuk DKI Jakarta wajib memiliki Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) yang dapat diunduh melalui situs corona.jakarta.go.id.

Tetapi, ada pengecualian untuk aktivitas pekerjaan yang dilakukan, baik oleh warga DKI yang harus melaksanakan pekerjaan di luar Jabodetabek, atau orang yang berada di luar Jabotabek yang harus ada pekerjaan di DKI Jakarta.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P