• News

  • Peristiwa

Roy Suryo Diserang Netizen: Isu Panci, Tidur saat Rapat dan Salah Nyanyikan Indonesia Raya

Pakar telematika Roy Suryo.
NNC/Adiel Manafe
Pakar telematika Roy Suryo.

JAKARTA, NETRAL.COM - Pakar telematika Roy Suryo menjadi sorotan netizen setelah ia menganalisa video ucapan hari raya Idul Fitri 1441 H dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana, yang diunggah di akun akun media sosial Jokowi, Sabtu (23/5/2020).

Di Twitter, banyak netizen yang mendukung apa yang dilakukan Roy, namun tak sedikit juga yang menyerangnya dengan mengungkit berita kontroversi tentang Roy Suryo.

Beberapa hal yang diungkit netizen, seperti pemberitaan tentang Roy Suryo yang tidur saat sidang paripurna pembahasan kenaikan harga BBM pada 2012 lalu. Kala itu Roy masih menjadi anggota Komisi I DPR.

"Gusti Allah mboten sare, ROY SURYO YG SARE !!! muka ga punya MALUU !!" tulis @GalihTengil, Minggu (24/5/2020). Ia mengunggah foto Roy yang tertidur di rapat paripurna.

Kemudian netizen juga mengunggah video Roy Suryo yang salah lirik saat menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika masih menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada 2013 lalu.

Roy menyanyikan lagu kebangsaan itu saat mencoba menenangkan keadaan ketika terjadi kericuhan suporter di pertengahan babak pertama pertandingan Persija vs Persib di Stadion Maguwoharjo, Sleman, (28/8/2013).

Dalam video, tampak Roy menyanyikan  Indonesia Raya dengan lantang menggunakan pengeras suara. Saat itu ia disorot kamera televisi yang siaran langsung. 

Ia bernyanyi 'Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku....'Di sanalah.... tanah airku'...Ayo, yo, yo (meminta penonton untuk terus bernyanyi).

"Satu-satunya yg diinget dari sosok Roy Suryo cuma salah lirik lagu Indonesia Raya waktu mandu suporter Persib v Persija yg rusuh," cuit @firdaram.

"Dlm sejarah sejak negara ini merdeka dgn lagu Kebangsaannya Indonesia Raya, satu2nya menteri yg tdk bisa hafal atau memang tdk tahu lagu Kebangsaannya adalh tuan Roy Suryo. Dia memang beda," sindir @MoszaRemy.

Selain dua hal tersebut, yang paling ramai disinggung netizen adalah soal isu miring Roy Suryo membawa ribuan barang yang merupakan aset Kemenpora.

Netizen membahas hal tersebut, lantaran dalam menganalisa video ucapan hari raya Idul Fitri dari Jokowi, Roy Suryo juga menyoroti panci yang berada di belakang   Presiden dan Ibu Negara.

"Langkah Roy Suryo membawa pulang barang2 setelah tidak ngantor lagi ternyata sudah jadi syndrome. Lihat barang2 pak @jokowi langsung melek matanya. Padahal cuma panci (emoji tertawa)," cuit @calegojol.

"Roy Suryo gitu loh!! Liat sesuatu yg berbentuk panci sedikit langsung sensi. Makanya balikin woy properti istana, maen bawa pulang aja (emoji tertawa).

Jgn lupa nyanyi Indonesia Raya-nya ya," sentil @Bung_Handy.

"Apa benar Roy Suryo mengambil panci.??atau beliau kolektor panci.atau lupa mengembalikan??pertanyaan yg belum terungkap jawabannya.entah sampai kapan?" tulis @RiyadhWahyu.

"Owalah.. Juragan Panci itu mau merambah Istana Bogor juga? Ya ampun semoga Paspampres lebih ketat nanti menerima kunjungan Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo ke Ring 1. Jangan sampai ambil perabotan makan Istana nih!" sindir @Shaggy_Solo.

Sebelumnya, Roy Suryo mengomentari video ucapan hari raya Idul Fitri 1441 H dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana, yang diunggah di akun akun media sosial Jokowi, Sabtu (23/5/2020).

"Tweeps, Bagus ini Video Ucapan Selamat Hari Raya dari Pak @jokowi & Ibu Iriana, dibuat Siang hari di Istana Bogor, diawali "Bird-eye-View" Drone s/d "masuk" ke Ruangan," tulis Roy di akun Twitter-nya, Sabtu (23/5/2020).

Roy kemudian menyoroti soal waktu pengambilan video dan makanan yang tersaji di atas meja saat Presiden dan Ibu Negara menyampaikan selamat Idul Fitri.

Roy berharap, makanan yang dihidangkan tersebut hanyalah properti untuk keperluan shooting dan bukan tengah dinikmati oleh Presiden dan Ibu Negara.

Pasalnya, ia menyebut pengambilan video di Istana Bogor, Jawa Barat saat Jokowi dan Ibu Negara di meja makan, dilakukan siang hari dan masih dalam suasana puasa.

"Semoga Ketupat, Makanan & Minuman yang ada di Meja itu "Asesoris Shooting" saja ya, khan kemarin-kemarin Masih Puasa?" cuit @KRMTRoySuryo2.

Mantan petinggi Partai Demokrat itu kemudian membeberkan analisanya soal video tersebut.

"Tweeps, Begini Teknis Ilmiah-nya:

Istana Bogor BEV (Bird-eye-View), Kijang-kijang, Danau: Jelas Siang Hari. Ruangan: Sinar Matahari di Jendela," kata @KRMTRoySuryo2, Minggu (24/5/2020).

"Pak @jokowi & Ibu Iriana: Ada Side-Light Sangat kuat & Rata dari Kanan, Sifat Daylight, bukan Tungsten (Lampu)

(Kuliah Tata Cahaya, 6 SKS)," jelasnya.

Selain itu, Roy juga menyinggung soal refleksi cahaya di tempat makan atau panci yang terletak dibelakang Presiden dan Ibu Negara, untuk menegaskan bahwa video dibuat siang hari.

"Tweeps, Meski tetap bisa juga dalam Ruangan ditambahkan Lampu2 yg bersifat DayLight (tampak Box + Barn-door-nya di Refleksi belakang), Namun Shooting tetap kemungkinan siang hari dgn Makanan/Minuman sbg 'Property' saja. Makanya Next BPMI harus cermat, karena Presiden hrs Perfect," ungkapnya.

Atas analisanya tersebut, Roy kembali berharap, makanan hingga panci yang ada dalam video itu hanya properti untuk keperluan shooting. Ia mengaku yakin Presiden dan Ibu Negara baru merayakan Idul Fitri pada Minggu kemarin dan bukan pada Sabtu seperti yang tergambar dalam video tersebut.

"Tweeps, Makanya karena saya masih yakin Pak @jokowi & Ibu Iriana juga baru ber-Lebaran mulai hari ini (24/5), maka Semua Makanan, Minuman, Ketupat, bahkan Tempat Lauk dibelakang itu hanya "Asesoris shooting / Property" saja, karena secara Teknis Fotografis shooting dilakukan Siang Hari," jelas Roy. 

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P