• News

  • Peristiwa

Bela Habib Bahar Soal Potong Rambut, Habiburokhman: Saya Akan Tanya Ke Menteri Yasonna

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman
Dokumentasi Netralnews
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman mempertanyakan kebijakan Lapas Nusa Kambangan terkait pemotongan rambut terpidana penganiyaan anak Bahar Bin Smith.

Dia pun bakal membawa kritikan tersebut dalam rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan Ham mengenai relevansinya dengan pembinaan atau keamanan.

Hal itu diungkapkan Anak buah Menhan Prabowo Subianto dalam akun resmi twitternya @habiburohkman seperti dilansir Jakarta, Selasa (26/4/2020).

Ditjen Pemasyarakatan harus jelaskan soal pemotongan rambut Habib Bahar. Setahu saya tidak ada aturan hukumnya, kalaupun ada protap hrs jelas dasarnya. Lagipula apa relevansinya dg pembinaan atau keamanan? Raker berikut saya akan tanya ke Menkumham

Seperti diketahui, Rambut panjang berwarna pirang yang menjadi ciri khas Habib Bahar bin Smith, kini sudah dicukur oleh petugas Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Hal tersebut diketahui dari pengakuan Habib Bahar dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Di video itu, Habib Bahar terlihat menutupi kepalanya dengan kain berwarna merah.

Habib Bahar mengatakan, sesuai standar operasional prosedur (SOP) di Lapas Nusakambangan, setiap narapidana baru wajib dipotong rambutnya. Dan sebagai warga binaan, ia taat pada aturan itu.

Terpidana kasus penganiayaan anak itu menambahkan, rambut panjangnya dicukur tanpa ada pemaksaan dari pihak manapun.

"Adapun masalah rambut, sesuai dengan SOP yang ada di Nusakambangan ini, bahwasanya setiap warga binaan yang baru dipotong rambutnya," kata Habib Bahar dalam video yang viral di medsos, kemarin.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli