• News

  • Peristiwa

Soal Pembukaan Mal di Jakarta 5 Juni, Anies: Itu Fiksi dan Imajinasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
NU
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah dengan tegas bahwa pihaknya sudah memberi izin untuk membuka mal pada 5 Juni mendatang setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Anies, kendati PSBB tahap ketiga akan berakhir, tapi bisa saja kedepannya diperpanjang jika situasi di ibu kota belum kondusif. Saat ini adalah PSBB tahap ketiga terkait pandemi corona atau covid-19 di DKI Jakarta dan akan berakhir pada 4 Juni 2020.

"Kalau saat ini ada yang mengatakan mal buka tanggal 5, itu imajinasi itu fiksi, karena belum ada aturan manapun yang mengatakan bahwa PSBB diakhiri," kata Anies, Selasa (26/5/2020), dalam rekaman suara yang dibagikan Humas Pemprov DKI Jakarta.

Anies menjelaskan, tanggal pembukaan mal di Jakarta tidak bisa dipastikan secara sepihak. Menurut dia, hal tersebut harus menunggu hasil evaluasi PSBB tahap ketiga ini.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, PSBB tahap tiga ini memang diharapkan menjadi yang terakhir. Namun demikian, bisa saja PSBB diperpanjang jika penyebaran virus corona masih tetap tinggi di Jakarta.

"(Pembukaan mal mulai 5 Juni) tidak benar, itu tidak ada. Bahwa PSBB berakhir tanggal 4 (Juni), itu PSBB yg sekarang, tetapi PSBB bisa diperpanjang, bisa berakhir," ujar dia.  

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta mengumumkan 60 pusat perbelanjaan modern alias mal siap membuka operasional mulai 5 Juni 2020. Jadwal tersebut mengikuti rencana berakhirnya pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota pada 4 Juni mendatang.

Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan rencana pembukaan operasional itu berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 489 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam aturan itu, dinyatakan bahwa perpanjangan PSBB DKI Jakarta dilakukan mulai 22 Mei sampai 4 Juni 2020. Dari sini, asosiasi bersiap untuk kembali beroperasi setelah PSBB DKI berakhir atau memasuki transisi new normal, sehingga operasional para mal kemungkinan bisa dilakukan pada 5 Juni 2020.

Editor : Widita Fembrian