• News

  • Peristiwa

Kadishub DKI: Warga Terlanjur ke Luar Jabodetabek Silahkan di Sana Dulu, Bangun Kampung 

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.
Istimewa
Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau masyarakat yang sudah berada di kampung halaman agar tidak ke Jabodetabek untuk sementara waktu. 

Menurutnya, berada di kampung lebih baik daripada harus kembali ke wilayah Jabodetabek yang menjadi episentrum Covid-19.

“Bagi warga Jabodetabek yang sudah terlanjur di luar Jabodetabek, silakan anda di sana dulu. Bangun kampung, jangan mudik dulu," kata dia, Kamis (28/5/2020).

Lebih lanjut menurutnya, apabila ingin kembali ke Jabodetabek maka perlu membawa Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM). Terlebih SIKM menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki oleh warga untuk keluar masuk ke wilayah Jakarta. 

"Hal itu dilakukan semata-mata untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19 di DKI Jakarta," tegas dia.

Menurut Syafrin, pengecekan yang dilakukan untuk menegakkan aturan SIKM sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020 juga dilakukan di beberapa pintu masuk DKI Jakarta melalui moda transportasi umum baik pesawat, kereta api maupun bus.

Kasus Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta sendiri sudah mulai turun dan dapat dikendalikan dalam dua periode sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Angka penurunan itu dillihat dari tingkat penularan atau reproduction number Covid-19, yang dihimpun ke dalam data yang terus diperbarui oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P