• News

  • Peristiwa

Mulai 8 Juni, Balita Dilarang Naik KRL, Lansia Hanya di Jam Khusus

KRL Commuter Line.
Istimewa
KRL Commuter Line.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menegaskan, mulai 8 Juni 2020 akan berlaku sejumlah aturan tambahan dalam menggunakan KRL. 

Untuk sementara, anak-anak yang berusia di bawah lima tahun (balita) akan dilarang naik KRL, sedangkan bagi orang tua yang sudah masuk kelompok lanjut usia diatur untuk menggunakan KRL hanya pada waktu-waktu di luar jam sibuk. 

Demikian dikutip dari keterangan yang dirilis PT KCI di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Pihak PT KCI jelaskan, aturan ini dibuat untuk meminimalisir risiko bagi kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19, yaitu lanjut usia atau mereka yang telah berumur enam puluh tahun atau lebih.

Mengingat adanya potensi kepadatan pengguna KRL pada jam sibuk, maka bagi lansia hanya diizinkan untuk naik KRL pada pukul 10:00 hingga 14:00 WIB. 

Sementara anak-anak balita selain cukup berisiko juga tidak memiliki kepentingan mendesak untuk keluar dari rumah dan menggunakan transportasi publik termasuk KRL di tengah situasi pandemi Covid-1 9 ini. Untuk itu, balita akan dilarang sementara menggunakan KRL. 

Meskipun demikian, bila ada kepentingan yang sangat mendesak bagi balita maupun lansia untuk naik KRL antara lain untuk mendapat perawatan medis rutin ke Rumah Sakit, maka dapat berkomunikasi dan menjelaskan keperluan tersebut kepada petugas di stasiun. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P