• News

  • Peristiwa

Lakukan Webinar dengan UIN Malang, Wapres Maruf Amin ‘Diganggu’

Lakukan Webinar dengan UNI Malang, Wapres Maruf Amin ‘Diganggu’
Antara
Lakukan Webinar dengan UNI Malang, Wapres Maruf Amin ‘Diganggu’

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tayangan video Wakil Presiden Ma'ruf Amin diganggu saat menjadi pembicara dalam Webinar Nasional tentang "Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah menuju New Normal Life" yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, Kamis.



Gangguan tersebut berupa coretan dengan tinta merah yang memenuhi wajah Ma'ruf Amin, serta muncul kalimat yang tidak sesuai dengan materi seminar, yakni gak ada.



Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin menyesalkan adanya gangguan teknis pada saat video Wapres Ma'ruf ditayangkan di webinar.



"Kami menyesalkan adanya kesalahan teknis pada saat video rekaman Wapres ditayangkan di webinar. Taping (rekaman) itu dilakukan kemarin (Rabu, 3/5) karena Pak Wapres tidak bisa mengikuti webinar secara daring hari ini karena ada ratas dengan Presiden," kata Rusmin Kamis, (4/6/2020).



Rusmin, yang turut menjadi peserta webinar tersebut, mengatakan bahwa kesalahan tayangan video tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab penyelenggara karena pihak KIP Setwapres telah mengirimkan rekaman video Wapres Ma'ruf untuk keperluan webinar.



Setwapres RI menerima undangan dari UIN Maliki Malang, tertanggal 29 Mei 2020, yang berisikan permohonan kepada Wapres Ma'ruf Amin untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Website Seminar dengan tema Ekonomi Shariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah menuju New Normal Life.



Sementara itu, Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan bahwa pihaknya meminta UIN Maliki Malang untuk menyelidiki sebab terjadinya gangguan dan kesalahan teknis pada tayangan video Wapres.



"Saya meminta pada pihak penyelenggara untuk mencari tahu kenapa hal tersebut sampai terjadi. Tentu saya menyesalkan atas terjadinya gangguan tersebut, apalagi jika kejadian tersebut disengaja oleh pihak-pihak tertentu," kata Masduki, dilansir Antara.



Acara Webinar Nasional tersebut berlangsung pada hari Kamis pukul 10.00—11.30 WIB dengan menghadirkan pembicara Wapres Ma'ruf Amin dan Rektor UIN Maliki Malang Abd. Haris, sementara host acara ialah Nur Asnawi.



Poster Webinar Nasional tersebut sebelumnya tersebar di media sosial dengan disertai Meeting ID dan password sehingga peserta webinar melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut mencapai 900 participants.

Editor : Sulha Handayani