• News

  • Peristiwa

Tenggelamkan Gerindra Trending Topic Usai Arief Poyuono Sebut Kadrun di Balik Isu PKI

Arief Poyuono, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.
demokrasi.co.id
Arief Poyuono, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tagar #TenggelamkanGerindra jadi trending topic nomor 1 di Twitter Indonesia pada Selasa (16/6/2020) malam. 

Tagar tersebut digaungkan netizen yang mengkritik pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono yang menuding isu kebangkitan PKI dimuculkan oleh kelompok 'kadrun'. 

Netizen mengunggah potongan video saat Arief menyebut isu PKI dimunculkan kelompok kadrun dengan menyertakan tagar #TenggelamkanGerindra.

Berikut beberapa komentar netizen seperti dilihat netralnews.com di Twitter, Rabu (17/6/2020). 

"Baru lihat ini video, lucu (emoji tertawa). 

Waketum @Gerindra : Kadrun di tuduh memunculkan issue PKI. Yang memanggil sebutan kadrun itu kan PKI. Haiyahhh....kadrun itu siapa puyonooo ....???" sindir @Tjeloup.

"Ciri2 Org yg biasa memanggil Umat Islam dgn sebutan Kadrun dan sekarang ada di dalam Partai @Gerindra 

#TenggelamkanGerindra," cuit @AssaMaulaa.

"Sekelas tokoh politik sampai menggunakan istilah2 binatang, entah kadrun, cebong, kampret..jelas pantas di @TenggelamkanGerindra," kata @haryone4.

"Ketua umumnya @prabowo diam maka kami anggap ini sikap resmi partai #TenggelamkanGerindra," tegas @RatulolyArdy.

"Jangan salah lagi #TenggelamkanGerindra 

Kalo dia masih juga bandel di Gerinda saja pakai #TenggelamkanGerindra," kata @AcanAbu.

Sebelumnya, Waketum Gerindra Arief Poyuono mengatakan, isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia cuma kabar bohong atau hoaks. 

"Gak ada (kebangkitan PKI). Itu cuma isu-isu bohong saja," kata Arief dalam sebuah video wawancara yang diunggah di Channel YouTube Kanal Anak Bangsa pada Senin (15/6/2020). 

Menurutnya, isu kebangkitan PKI dihembuskan oleh pihak-pihak yang ingin  mendelegitimasi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). 

"Isu-isu itu sebenarnya hanya untuk mendelegitimasi Kang Mas Jokowi. Bahkan selalu dituduh apapun, seakan- akan dia (Jokowi) ada hubungannya dengan PKI," ungkap Arief. 

Arief mengaku heran lantaran isu kebangkitan PKI hanya digaungkan di era pemerintahan Jokowi. Sementara, lanjutnya, di era pemerintah sebelumnya, isu tersebut tidak terdengar gaungnya. 

"Seperti itu kan aneh. Munculnya itu di eranya Pak Jokowi aja, dulu era SBY (Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono) gak ada, era Mega (Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri) gak ada, ini kan aneh," jelas Arief. 

Ketika ditanya pihak mana yang memunculkan isu kebangkitan PKI, Arief menjawab bahwa dua kelompok yang menggaungkan isu tersebut. 

"Yang pasti ini adalah kadrun, kadrun-kadrun yang pasti. Yang kedua mungkin orang-orang yang tidak menginginkan adanya perdamaian di Indonesia, yang selalu ingin mengacau, yang selalu ingin mendeskreditkan pemerintahan yang sah dan konstitusional dengan isu-isu PKI," ungkapnya.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan.H.P