• News

  • Peristiwa

Tengku Zul: Akankah Partai Pengusung Perubahan Pancasila Jadi Ekasila Dibubarkan Juga

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain
Istimewa
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mempertanyakan akan kah pengubah Pancasila menjadi Ekasila dibubarkan seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Hizbut Tahrir Indonesia dibubarlam karena diduga hendak mengubah Pancasila, sehingga dianggap bisa membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Jika HTI dibubarkan karena diduga hendak mengobah Pancasila, akankah Partai Pengusung Perobahan Pancasila menjadi Ekasila DIBUBARKAN juga...?

Monggo...

Cuitan Tengku Zul.pun direspon berbagai komentar oleh netizen. Berikut komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Jumat (19/6/2020).

@Kipas98575095: Wajib dibubarkan !

Bila terjadi perang saudara, sdh makin jelas siapa sesungguhnya yg menginginkannya ! 

Mrk sdh terang2an ingin merubah Pancasila, tp memfitnah ummat Islam yg ingin mendirikan Khilafah.

Ciri2 kelakuan komunis !

@5Hetik: Seharusnya iya dong... Yang blm terbukti mau merubah pancasila saja dicabut BHPnya, seharusnya yg jelas2 terbukti mau merubah pancasila benar2 dibubarkn dong??

@Yuki140288: Seharusnya diperlakukan sama klu memang dicurigai kearah sana..kecuali mereka bagian dari itu...

Seperti diketahuin ada lima poin penting pernyataan Pemerintah tentang HTI ini, yaitu:

1. Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan.

2. Kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah berhubungan dengan tujuan, asas dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

3. Aktifitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

4. Mencermati pertimbangan di atas serta menyerap aspirasi masyarakat pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas membubarkan HTI.

5. Keputusan ini diambil bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas Islam, namun semata-mata dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UU 1945.

Editor : Sesmawati