• News

  • Peristiwa

Salat Gerhana di Masjid Al Akbar Surabaya Diikuti Ratusan Jemaah

Salat sunnah gerhana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Humas Masjid Al Akbar Surabaya
Salat sunnah gerhana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

SURABAYA, NETRALNEWS.COM - Ratusan jemaah umat Islam mengikuti Salat sunnah gerhana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Minggu (21/6/2020).

"Alhamdulillah, di tengah pandemi COVID-19 ini Masjid Al Akbar tetap melaksanakan shalat gerhana dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," ujar Humas Masjid Al Akbar Helmy M Noor di Surabaya.

Fenomena alam gerhana matahari terjadi di wilayah Jawa Timur sore ini, khususnya di Surabaya dan para jamaah dari berbagai daerah sudah berdatangan sejak pukul 14.00 WIB.

Semua jamaah wajib menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak di area masjid, termasuk ketika melaksanakan shalat.

"Seluruhnya tertib menggunakan masker, termasuk muadzin, imam dan khatib. Jamaah yang masuk juga dicek suhu tubuhnya dan masuk melalui bilik sterilisasi," ucapnya.

Sementara itu, imam shalat adalah KH Abdul Hamid Abdullah yang merupakan imam besar Masjid Al Akbar, sedangkan bertindak sebagai khatib adalah Prof Dr H M Roem Rowi.

Dalam khutbahnya, Prof Roem Rowi mengajak kepada jamaah untuk selalu beristighfar, takbir dan bersedekah serta memohon ampunan kepada Allah SWT sembari memohon agar cobaan COVID-19 segera berakhir.

Fenomena alam tersebut, kata Guru Besar UIN Sunan Ampel itu, juga diharapkan dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Editor : Nazaruli