• News

  • Peristiwa

Optimalisasi Aset Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital

Statistik penggunaan sumber daya
foto: istimewa
Statistik penggunaan sumber daya

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengelolaan aset tetap suatu perusahaan khususnya Badan Usaha Milik Negara secara benar dapat meningkatkan nilai perusahaan.

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) sebagai BUMN komunikasi terbesar di Indonesia memiliki banyak aset tetap yang tersebar di berbagai lokasi, untuk optimalisasi dalam pemanfaatannya, proses pendataan dilakukan berbasis digital sehingga efektif dan efektif pada   pengelolaannya.

Pada pengelolaannya, PT Telkom Tbk mempercayakan pengerjaan pengembangan platform sistem pengelolaan pengamanan Aset kepada GMT Property Management.

Hal ini didasari oleh pengalaman (portfolio) yang ada, yaitu penyusunan blue print strategy oleh GMT  sebagai strategi pendayagunaan aset untuk dijadikan acuan dalam perumusan optimalisasi.

Eko Prasetyo, sebagai Dirut GMT Property, menyampaikan, kepercayaan yang diberikan oleh PT. Telkom merupakan kebanggaan tersendiri sekaligus tantangan untuk mewujudkan platform digital pengamanan aset.

"Cakupan pekerjaan menyangkut Building Management System (BMS), Commercial Management System (CMS), dashboard system dan CMS Mobile App. Outputnya diharapkan dapat menjadi sarana interface bagi PT Telkom dalam mengelola asetnya," kata Eko Prasetyo.


Tersedianya data base terkait aset, tambah dia, akan memudahkan pihak PT Telkom Tbk dalam mengamankan dan melakukakan optimalaisasi, seperti, sehingga dapat saling menguntungkan dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain.

"Kerjasama ini tentunya merujuk kepada transparansi, kemandirian dan akuntabilitas, yang dilengkapi dengan pertanggungjawaban serta kewajaran, sesuaikan dengan karakteristik serta kebijakan internal PT Telkom Tbk.," tandas Eko.

Editor : Taat Ujianto