• News

  • Peristiwa

Di HUT ke 493, Pemprov DKI Kembali Raih Opini WTP atas Laporan Keuangan

Rapat Paripurna Istimewa HUT DKI ke 493 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (22/6/2020).
Istimewa
Rapat Paripurna Istimewa HUT DKI ke 493 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (22/6/2020).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan.

Prestasi WTP yang diraih kali ini menjadi kado HUT DKI Jakarta ke 493. Peraihan opini WTP didapat Pemprov DKI selama tiga tahun berturut-turut.

Opini ini disampaikan anggota 5 BPK RI, Bahrullah Akbar dalam Rapat Paripurna Istimewa HUT DKI ke 493 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (22/6/2020). 

Sebagai informasi, WTP adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. 

"Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, maka BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian," kata Bahrullah Akbar.

Bahrullah mengungkapkan, dengan demikian Pemprov DKI berhasil meraih opini WTP selama tiga tahun berturut-turut. 

"Atas laporan pemprov DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019 dengan demikian Pemprov DKI berhasil mempertahankan opini WTP selama tiga kali berturut turut," ujar Bahrullah. 

Saat mendengar hal ini, seluruh jajaran Pemprov DKI yang memadati ruang paripurna pun bertepuk tangan. 

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WDP) selama dua tahun berturut turut, yakni pada 2017 dan 2018.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati