• News

  • Nasional

Tak Lagi di BIN, Nasib Bang Yos Hanya Jokowi Yang Tahu..

Bang Yos (kiri) dan Budi Gunawan (Netralnews/dominikus lewuk)
Bang Yos (kiri) dan Budi Gunawan (Netralnews/dominikus lewuk)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pasca surat pengajuan calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan dikirim Presiden Jokowi ke DPR, jabatan Kepala BIN yang disandang Letjen TNI (Purn) Sutiyoso segera lepas.

Lalu, bagaimana dengan nasib karir Sutiyoso, alias Bang Yos setelah ini? Dia baru menjabat satu tahun lebih sebagai Kepala BIN.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan kepada wartawan mengenai hal itu Presiden Joko Widodo sudah dibicarakan dengan pak Sutiyoso bersamaan dengan Sekneg Pratikno mengantarkan Surat pengajuan pergantian Kepala BIN ke DPR.

"Pak Sutiyoso pada Selasa lalu juga telah dipanggil oleh Presiden dan sudah diberikan arahan,” ujar Pramono, Jumat (2/9/2016).

Seskab ini enggan membeberkan tugas baru Sutiyoso. Menurutnya, itu menjadi pembicaraan khusus hanya antara Presiden dengan mantan Gubernur DKI Jakarta selama dua periode tersebut.

“Mengenai apa tugas yang diberikan kepada Pak Sutiyoso hanya Presiden yang tahu," ujar mantan Sekjen PDIP itu.

Sebelumnya jadi Kepala BIN, Sutiyoso adalah Ketua Umum PKPI yang juga mendukung kemenangan Jokowi dan Jusuf Kalla di Pilpres 2014. Dipilihnya Sutiyoso menjadi Kepala BIN sempat menuai pro dan kontra, mengingat yang bersangkutan merupakan Ketua Partai Politik.

Nasib memang berkata lain. Setelah setahun lebih menjabat Kepala BIN, Presiden Jokowi mengutus Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyambangi DPR untuk menyampaikan surat pencalonan Budi Gunawan yang akan mengganti posisi Sutiyoso.

Mantan Rektor UGM Pratikno beralasan bahwa pergantian ini adalah proses regenerasi di tubuh pemerintahan.

Kini nasib Bang Yos hanyalah dan di tangan Jokowi. Akankah Presiden Jokowi menugaskan Sutiyoso sebagai salah seorang Diplomat, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Negara-negara yang saat ini sedang vakum, semisal Kroasia, yang ditinggalkan almarhum Alexander Litaay? Ataukah di negara-negara lain? Hanya Presiden Jokowi yang tahu.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi