• News

  • Peristiwa

Pemerintah Akan Tarik Pajak Sepeda,Netizen:Lihat Belanda Berikan Uang Bagi Warga Bersepeda

Pemerintah bakal tarik pajak sepeda.
Bluecolor
Pemerintah bakal tarik pajak sepeda.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan soal pemberitaan yang menyebut pemerintah akan menarik pajak sepeda. Kabar tersebut pun ramai diranah media sosial (medsos).

Salahsatu netizen bernama Aline Yoana Tan dalam akun twiternya turut mengomentari wacana tersebut. Aline membandingkan dengan negara Belanda dan Italia, dimana pemerintahnya memberikan uang atau subsidi bagi pengguna sepeda.

"Belanda: Kasih Uang Warga Nya Yang Mau Bersepeda; Italia : Subsidi Warga Nya Yang Mau
Beli Sepeda; Indonesia : Tarik Pajak Warga Nya Yang Bersepeda," katanya dalam akun @TanYoana.

Wacana yang hadir dalam sebuah pemberitaan media nasional tersebut memancing pertanyaan publik soal kebijakan pemerintah.

Belakangan Kementerian Perhubungan membantah kabar yang menyatakan pemerintah bakal menarik pajak bagi pesepeda. Juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan pihaknya hanya tengah menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan pesepeda.

“Soal pajak sepeda tidak benar. Yang benar kami sedang siapkan regulasi. Ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat,” ujar Adita dalam keterangannya, Senin petang, 29 Juni 2020.

Adita menjelaskan, pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tren masyarakat untuk bersepeda memang meningkat. Utamanya, kata dia, di kota-kota besar seperti Jakarta.

Menilik situasi tersebut, dia memandang perlu ada aturan yang menaungi orang-orang bersepeda agar tidak terjadi masalah di waktu mendatang. Regulasi ini akan mengatur hal-hal pendukung seperti alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda, serta penggunaan alat keselamatan.


Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani