• News

  • Peristiwa

Isu Reshuffle Kabinet, Haikal Hassan Usul Luhut Panjaitan Diganti Rizal Ramli

Isu Reshuffle kabinet, Haikal Hassan usul Luhut Panjaitan diganti Rizal Ramli.
Nusantara
Isu Reshuffle kabinet, Haikal Hassan usul Luhut Panjaitan diganti Rizal Ramli.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Isu reshuffle kabinet ramai dibicarakan publik setelah disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet paripurna beberapa waktu lalu.

Di media sosial, netizen mulai membahas nama-nama menteri yang dianggap layak direshuffle, pun dengan sejumlah tokoh yang dinilai pantas menggantikan menteri-menteri tersebut. Hal ini juga dilakukan juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Haikal Hassan.

Melalui akun Twitternya, Haikal 
meminta netizen mengusulkan satu nama menteri yang bermasalah sehingga pantas diberhentikan dan mengusulkan satu nama menteri baru sebagai pengganti.

"Presiden ancam reshuffle. Ambil suara yuuk... 1 orang usul berhentikan 1 menteri yang bermasalah dengan kinerja dan cara komunikasi. Lalu, usulkan dengan nama menteri baru," tulis @haikal_hassan, Rabu (1/7/2020).

Dalam cuitannya itu, Haikal memulai dengan mengusulkan agar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP) diganti oleh mantan Menko Maritim Rizal Ramli.

"Saya usul: Menko LBP diganti @RamliRizal," cuit Haikal Hassan.

"Usulan anda? (Akan dikumpulkan sebagai masukan untuk Presiden)," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, isu reshuffle kabinet ini mencuat setelah Presiden Jokowi menyampaikan ketidakpuasannya terhadap kinerja para menteri dan pimpinan lembaga negara dalam Sidang Kabinet Paripurna Kamis (18/6/2020) lalu.

Dalam rapat tersebut, Jokowi meminta kabinetnya untuk berbenah diri. Jokowi juga mengingatkan dirinya bisa mengambil tindakan luar biasa agar pemerintah bisa optimal menghadapi dampak dari pandemi virus corona.

"Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle, sudah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi, kalau memang diperlukan," kata Presiden Jokowi dalam rekaman video rapat kabinet yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (28/6/2020). 







Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani