• News

  • Peristiwa

Isu Reshuffle dan Pembubaran Lembaga, Mardani Ali: Rampingkan Jadi 15-20 Kementerian Saja

Politikus dari PKS, Mardani Ali Sera.
NNC/Adiel Manafe
Politikus dari PKS, Mardani Ali Sera.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Mardani Ali Sera mengetahui, beredar isu mengenai rencana reshuffle kabinet. Menurutnya, jika hal tersebut terjadi, seorang menteri tentu harus profesional dan memiliki beberapa karakteristik. 

Karakteristik yang diharapkan seperti inovatif, berpikir kebangsaan bukan partisan, rajin turun ke masyarakat dan team worker. 

"Bagaimana semua hal tersebut dapat terealisasi? Karakter kerakyatan mutlak harus dimiliki setiap menteri," kata Mardani, dikutip dari cuitannya, Selasa (7/7/2020).

Menurut Mardani, perlu diingat, nahkoda yang baik dibuktikan saat mampu mengatasi badai. Pandemi ini menjadi ajang pembuktian kemampuan leadership dan solutif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lebih lanjut Presiden Jokowi juga sempat menyinggung akan membubarkan lembaga. Sejak 2018 dia klaim sudah mengusulkan agar jumlah Kementerian/Lembaga dikurangi. Menurutnya, pemerintah perlu menerapkan kerja efektif dan efisien. 

"Perampingan kementerian dapat dilakukan, dari 34 serta-badan setara kementerian lainnya, harus dirampingkan menjadi 15-20 kementerian saja," tegas dia.

Prinsipnya, harus sesuai dengan semangat reformasi dan birokrasi yang sedang dijalankan. Perlu diubah wajah pelayanan publik dari birokrasi yang berbelit menjadi tepat fungsi, cepat dan responsif.

"InsyaAllah akan menghasilkan dampak yang besar seperti anggaran yang lebih terkonsentrasi, memiliki daya ungkit, serta kordinasi yang lebih mudah," tutup dia.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P