• News

  • Peristiwa

Kisah Pendamping Desa Antar Anak Raih Bintang Adhi Makayasa

Lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang dengan meraih bintang Adhi Makayasa, Ivan Pradipta
Kemendes PDTT
Lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang dengan meraih bintang Adhi Makayasa, Ivan Pradipta

SEMARANG, NETRALNEWS.COM - Ivan Pradipta dinobatkan sebagai lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang dengan meraih bintang Adhi Makayasa. Penghargaan ini salah satu jalan bagi Ivan jalani karir cemerlang di Kepolisian nantinya.

Saat Ivan menerima penghargaan ini, ada wajah yang sumringah dan bahagia, yah itu Nur Umami Diana, yang akrab disapa Diana.  

Perempuan yang menjadi Pendamping Teknik Infrastruktur di Kabupaten Kendal inilah yang berjuang disela tanggung jawab sebagai pendamping desa menyekolahkan Ivan hingga sukses menjadi yang terbaik di Akpol tahun 2020 ini.

"Ini berkah dari Gusti Allah sebagai Pendamaping Desa Teknik Infrastruktur," kata Diana seperti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/7/2020). 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengetahui kisah perjuangan Diana yang berhasil antar putra jadi yang terbaik ini mengaku sangat bersyukur sekali.

Pasalnya, program yang dijalankan oleh Kementerian yang dipimpinnya memberi efek positif dan manfaat luar biasa bagi Diana.

"Kisah Ibu Diana bisa menginspirasi kita semua bahwa dengan profesi apapun asal kita bekerja keras dan ikhlas,  Insya Allah akan memberi hasil yang baik," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Gus Menteri pun mendorong Pendamping Desa lainnya untuk bekerja keras untuk membangun desa dam membanting warga untuk bisa lebih baik 

"Ini merupakan bagian dan ikhtiar dan berkhidmat kita kepada desa," kata Gus Menteri.

Diana mulai bergabung sebagai   Pendamping Desa Teknik Infrastruktur,  Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa PDTT sejak Tahun 2016.

Diana ditempatkan di lokasi tugas di  Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sejak tahun 2016 hingga sekarang.  

Selama melaksanakan tugas, Diana dikenal tekun dan "telaten" mendampingi Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa, khususnya dalam bidang infrastruktur. 

Program pendampingan Desa yang dimandatkan sejak 2015 oleh  pemerintahaan Presiden RI Joko Widodo  pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) miliki tugas  mendampingi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, kerjasama desa, pengembangan BUM Desa dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat menuju  desa  maju, mandiri, dan sejahtera.

Karenanya, sarjana Teknik Sipil ini terus melakukan pendampingan Desa di bidang teknik infrastruktur, sembari melakukan pemberdayaan masyarakat yang nantinya melahirkan kader-kader teknik infrastruktur di Desa. 

Ibu  yang energik ini melakukan  aktivitasnya, fasilitasi stakeholder Desa  dalam setiap tahapan  kegiatan pembangunan Desa, baik proses  perencanaan, pelaksanaan hingga  tahap pertanggungjawaban.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati