• News

  • Peristiwa

Musni Umar: Saya Kecam Keras yang Sebarkan Isu Klepon Makanan Haram

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar
Istimewa
Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Musni Umar mengecam keras pihak yang menyebarkan isu bahwa "kue klepon tidak islami."

"Saya kecam keras yang sebarkan isu bahwa kue klepon atau disebut di Kendari onde-onde makanan haram," tulis Musni di akun Twitternya, dikutip netralnews.com, Jumat (24/7/2020).

Musni juga mengunggah sebuah video pernyataannya terkait isu tersebut. Dalam video itu, ia menilai isu klepon tidak islami berpotensi memecah belah bangsa. Karenanya, publik harus waspada agar tidak mudah diadu domba.

"Isu yang disebarkan di masyarakat membuat kita lemah dan terpecah belah, ini harus kita waspadai," kata Musni dalam video berdurasi 44 detik itu.

"Sekali lagi, klepon atau onde-onde di Kendari, Sulawesi Tenggara itu tidak mungkin haram, itu halal, dan jangan sampai kita diadu domba dengan hal-hal yang kemudian membuat kita pecah belah," tandasnya.

Sebelumnya, kue klepon jadi trending topic di Twitter Indonesia sejak Selasa (21/7/2020) setelah beredarnya sebuah foto klepon diberi narasi 'kue klepon tidak Islami' sembari mengajak membeli aneka kurma yang tersedia di toko syariah pengunggah. Tertulis Abu Ikhwan Aziz dalam unggahan itu.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli