• News

  • Peristiwa

Ada 3.600 Lampu Smart Lighting, Ruang Salat Masjid Istiqlal Kini Jadi Terang Tapi Teduh

Kondisi sebelum dan sesudah renovasi bagian ruang salat utama dan tempat wudhu.
Twitter KemenPU
Kondisi sebelum dan sesudah renovasi bagian ruang salat utama dan tempat wudhu.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, renovasi Masjid Istiqlal untuk pertama kalinya sejak 42 tahun berdiri telah tuntas. Dimulai pada Mei 2019, hasil renovasi masjid siap diresmikan.

Bahkan, Masjid Istiqlal sudah bisa digunakan saat Idul Adha. Menteri Basuki mengatakan renovasi Masjid Istiqlal ini berjalan baik, utamanya pada pekerjaan lansekap dan pencahayaan. 

“Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga sudah dicek Bapak Presiden. Lighting juga sudah kita coba tadi. Renovasi besar-besaran untuk pertama kali sejak dibangun 42 tahun lalu, Insya Allah sudah sesuai dengan harapan masyarakat,” katanya, dalam keterangan resmi PUPR.

Sebagai informasi, lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage dengan anggaran sebesar Rp 475 miliar.

Pekerjaan penataan kawasan meliputi pengembalian aksis Monas dan perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan tepi/tanggul sungai, penambahan gedung parkir lapis 2 (basement), perbaikan kantin dan penambahan area PKL.

Pekerjaan arsitektur mencakup pekerjaan fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi. Pekerjaan interior di antaranya adalah interior ruang salat utama, area VIP dan perkantoran pengurus masjid. Pekerjaan MEP di antaranya adalah perbaikan sistem MEP keseluruhan bangunan, instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pekerjaan signage meliputi pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

Untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan COVID-19 akan dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL).

Sementara, untuk Terowongan Silaturahmi bawah tanah yang akan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral, direncanakan mulai dibangun pada akhir 2020 ini. Kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp40 miliar.

Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi (tidak termasuk area sungai) dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang. Masjid Istiqlal bukan hanya masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, melainkan juga masjid negara.

Seperti diunggah akun twitter resmi Kementerian PUPR, Minggu (26/7/2020) terlihat sekali perbedaan kondisi Masjid Istiqlal sebelum dan setelah dilakukan renovasi. 

"Ini hasil renovasi ruang utama salat Masjid Istiqlal. Ruang ini kini dilengkapi 3.600 lampu dengan smart lighting, sehingga terang tapi terasa teduh. Pencahayaan kubah dalam memakai teknologi 'dynamic white' yang bisa berubah warna setiap hari. Keren kan?".

Ada beberapa gambar yang diunggah @KemenPU, tak hanya bagian dalam masjid, wilayah outdoor di sekitar masjid itu juga kini semakin cantik dengan adanya sejumlah perbaikan.

Setelah direnovasi, kini Masjid Istiqlal dilengkapi dengan instalasi solar panel pada atap selasar, sehingga konsumsi listrik menjadi lebih hemat dan tentunya ramah lingkungan.

Penataan kawasan juga termasuk dalam renovasi. Kini tersedia tempat parkir dua lantai berkapasitas 2.000 kendaraan roda empat. Selain itu wajah Plaza As Salam dan Plaza Al Fattah kini menjadi lebih rapi dan cantik.

"Semoga renovasi Masjid Iqtiqlal ini makin memberikan kenyamanan buat pengunjung yang beribadah di sana. Jangan lupa untuk dijaga dan dirawat bersama ya," tulis Kementerian PUPR dalam unggahannya tersebut.

Editor : Irawan.H.P