• News

  • Peristiwa

Psikolog Forensik UI Ungkap Alasan Ada Orang Menjadi Fetish

Psikolog Forensik UI ungkap alasan ada orang menjadi Fetish.
Warkot
Psikolog Forensik UI ungkap alasan ada orang menjadi Fetish.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Psikolog Forensik Universitas Indonesia (UI) Reza Indragiri angkat bicara terkait viral di media sosial, seorang pria bernama Gilang Eizan yang dijuluki sebagai Predator Fetish Kain Jarik.

Dia jelaskan, fetish sangat banyak ragamnya. Inti fetish sendiri adalah bagaimana seseorang bisa mengalami keterangsangan seksual dengan objek-objek yang tidak lazim.

"Menjadi gangguan (fetishistic disorder) ketika obsesi semacam itu menghilangkan kemampuan yang bersangkutan untuk terangsang dengan cara/objek yang wajar. Dengan kata lain, dia bisa menikmati sensasi seksual hanya dengan cara atau objek yang tidak lazim tersebut," kata Reza, seperti dalam keterangan tertulis yang Netralnews terima, Minggu (2/8/2020).

Lebih lanjut Reza nilai ada satu persoalan lagi, yakni jika oknum mahasiswa tersebut memang menyasar target berjenis kelamin sama, maka boleh jadi ada masalah orientasi homoseksual. Menurutnya, itu juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Dijelaskan dia, ada sejumlah teori yang bisa diacu. Salah satunya dan mungkin relevan dengan fetish yang satu ini adalah perasaan inferior.

Orang tersebut tidak percaya diri akan maskulinitasnya, merasa takut, dan perasaan inferior lainnya. Bentuk fetish yang menjadi obsesinya, dengan demikian dapat dipahami sebagai bentuk kompensasi atas kelemahan-kelemahannya tersebut.

"Dengan dasar pemikiran demikian, Polisi patut menginvestigasi. Ini bukan semata-mata tentang orang dengan  kondisi psikis yang tidak wajar, tapi boleh jadi sudah mengandung unsur pidana. Ada unsur pelecehan seksual berbasis daring (virtual, sexual harrassment)," jelas dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani