• News

  • Peristiwa

Awal Agustus, Penyaluran BLT Dana Desa Capai Rp12,97 Triliun

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.
Kemendes
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Terhitung sejak tanggal 2 Agustus tahun 2020, total Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang telah tersalur kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berjumlah Rp12,97 Triliun.
 
Pernyataan itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar pada konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

“Kalau total sampai saat ini, dana (BLT) yang sudah tersalur baik termin I dan II totalnya sebesar Rp12,97 triliun. Untuk termin ke dua baru bulan pertama yang cair sebesar Rp 73,61 Miliar. Sedangkan termin ke III akan mulai cair Bulan Oktober,” ujar Doktor Honoris Causa daei UNY ini.

Untuk diketahui,  penyaluran BLT Dana Desa sendiri dibagi melalui tiga termin, yakni termin I terdiri dari tiga bulan yakni Bulan ke 1 adalah April, Bulan ke 2 adalah Mei, dan Bulan ke 3 adalah Juni.

Selanjutnya, penyaluran BLT termin II Bulan ke 1 adalah Juli, Bulan ke 2 adalah Agustus, dan Bulan ke 3 adalah September. Sedangkan termin ke III diperkirakan mulai cair pada Bulan Oktober.

Gus Menteri, sapaannya mengatakan, penyaluran BLT Dana Desa Termin I Bulan ke 1 telah mencapai 99 persen.

Penyaluran ini telah menyasar sebanyak 7.883.073 KPM, yang mana 31 persen diantaranya merupakan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).
 
Menurutnya, sebagian besar PEKKA tersebut belum terdata oleh Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Hanya sedikit yang sudah masuk DTKS tetapi belum mendapatkan PKH (Program Keluarga Harapan) atau jaring pengaman sosial lainnya. Artinya sangat tepat BLT Dana Desa ini sehingga menyentuh 31 persennya adalah PEKKA,” ujar Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani