• News

  • Peristiwa

Ternyata Bukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Kena Sentil Lagi ‘Yang Penting Viral Dulu‘

Hadi Pranoto
Infomenia.net
Hadi Pranoto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kontroversi Hadi Pranoto dengan obat yang diklaim bisa mengatasi corona semakin heboh. Mulanya, melalui video wawancara bersama Anji jadi ia mengklaim temuan obat COVID-19.

Obat yang dimaksud bernama Bio Nuswa, tetapi hal ini malah langsung dibantah tegas oleh pemegang izin edar Bio Nuswa. Pasalnya, khasiat Bio Nuswa sama sekali tidak mencantumkan 'penyembuhan pasien COVID-19'. Khasiatnya Bio Nuswa adalah untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Klaim untuk produk "BIO NUSWA" dengan Nomor Izin Edar POM TR203636031 yang kami daftarkan yaitu membantu memelihara daya tahan tubuh, bukan menyembuhkan pasien yang terpapar virus covid-19 seperti di beberapa pemberitaan belakangan ini," sebut rilis yang diterima detikcom Rabu (5/8/2020).

Akun FB @Mak Lambe Turah, Rabu (5/8/2020) ikut membagikan tautan dengan membuat cuitan:

Yang penting viral dulu, dan banyak yang nonton videonya, mungkin?
ternyata ga jauh beda khasiatnya sama Jahe Merah.
Bagus sih tp kalo menyembuhkan 100%, masih jauh panggang dari api...

Sebelumnya, Bio Nuswa menegaskan apa yang tercantum dengan jelas dan mewanti-wanti jika ada produk lain yang mencantumkan nomor izin edar tertentu dari BPOM. Bio Nuswa juga telah melakukan klarifikasi:

1. PT. Sarakamandiri Semesta yang berlokasi di Gn. Putri Bogor, benar merupakan pabrikan atau manufaktur "Obat Tradisional" yang telah memiliki izin CPOTB serta sudah tersertifikasi Sistem Jaminan Halal.

2. Nomor Izin Edar POM TR 203636031 benar merupakan Nomor Izin Edar milik PT. Sarakamandiri Semesta yang telah terdaftar di BPOM.

3. Sebagai pemegang Nomor Izin Edar, PT. Sarakamandiri Semesta tidak pernah memproduksi produk tersebut semenjak No Izin Edar tersebut diterbitkan BPOM pada tanggal 14 April 2020 sampai dengan hari ini 4 Agustus 2020.

4. Jika terdapat produk "BIO NUSWA" atau produk lain yang mencantumkan Nomor Izin Edar POM TR203636031 beredar di pasaran, maka dapat kami pastikan bahwa produk tersebut bukan merupakan produksi PT. Sarakamandiri Semesta, sehingga kualitas dan keaslian produk tersebut bukan tanggung jawab kami.

5. Klaim untuk produk "BIO NUSWA" dengan Nomor Izin Edar POM TR203636031 yang kami daftarkan yaitu "Membantu memelihara daya tahan tubuh" bukan menyembuhkan pasien yang terpapar virus covid-19 seperti di beberapa pemberitaan belakangan ini.

6. Sejak tanggal 10 Juli 2020, kami telah mengajukan pengembalian Nomor Izin Edar untuk produk "BIO NUSWA" ke BPOM, tetapi karena ketidaksesuaian alamat email menyebabkan data tidak diterima oleh BPOM. Setelah kami lakukan klarifikasi dengan BPOM maka pada tanggal 3 Agustus 2020, kita mengajukan ulang pengembalian Nomor Izin Edar produk "BIO NUSWA"

Reaksi Hadi Pranoto

Hadi Pranoto, pria yang mengklaim memiliki 'obat Corona', pun tak mau berbicara banyak tentang pernyataan produsen Bio Nuswa.

"Ya nggak usah terlalu dini lah, kita jangan konsen begitu dong. Teman-teman jangan ngorek-ngorek gitu, dong. Harusnya kita punya etika, kita punya privasi," kata Hadi saat dihubungi, Rabu (5/8/2020).

Hadi mengatakan semua pihak seharusnya berfokus ke obat herbalnya ini. Hadi pun menyudahi pembicaraan ini.

"Kita konsen aja sama herbal yang saya bawa, jangan ngorek-ngorek begitu, dong. Iya, iya, ya sudah saya izin sebentar ya," jelasnya.

Sebelumnya, Hadi Pranoto, yang mengklaim memiliki 'obat virus Corona' mengaku herbalnya ini terdaftar di BPOM dengan nama Bio Nuswa. PT Saraka Mandiri Semesta selaku perusahaan yang mendaftarkan Bio Nuswa ini ke BPOM mengaku tidak mengenal Hadi Pranoto.

"Jadi saya tegaskan bahwa yang namanya Pak Hadi Pranoto atau Anji yang memviralkan ada temuan obat herbal segala macam untuk bisa menyembuhkan COVID-19, kami nyatakan kami belum pernah ketemu, belum pernah ada tatap muka, belum ada berdiskusi," kata Direktur Utama PT Saraka Mandiri Semesta Gucci Andrianno saat ditemui di kantornya, di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (5/8/2020).

Gucci menambahkan, Hadi Pranoto tidak memiliki jabatan struktural di perusahaan yang dikelolanya. Dia pun menegaskan Hadi melakukan klaim sepihak ke produk yang didaftarkannya ke BPOM.

"Dia (Hadi Pranoto) klaim sendiri (Bio Nuswa). Kami menyatakan bahwa kami belum pernah memproduksi atau tidak pernah, berarti tidak pernah itu tidak sama sekali memproduksi produk (Bio Kuswa) ini. Jadi itu aja pernyataan kami dan bisa menjadi pertimbangan informasi dari masyarakat," jelas Gucci.

Editor : Taat Ujianto