• News

  • Peristiwa

Dukung Din Syamsuddin Cs, Novel: Karena Perjuangan KAMI Sejalan dengan Spirit 212

 Dukung Din Syamsuddin Cs, Novel: Karena perjuangan KAMI sejalan dengan spirit 212.
Demokrasi
Dukung Din Syamsuddin Cs, Novel: Karena perjuangan KAMI sejalan dengan spirit 212.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mendukung adanya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dibentuk oleh Din Syamsuddin cs. Menurutnya, perjuangan KAMI sejalan dengan spirit gerakan 212.

"Dengan dideklarasikan KAMI jelas saya mendukung karena Insya Allah perjuangan KAMI sejalan dengan spirit 212. KAMI adalah juga merupakan orang-orang yang mendukung spirit 212 dan KAMI juga merupakan oposisi bagi rezim ini," kata Novel kepada netralnews.com, Jumat (7/8/2020).

Novel berharap, kehadiran KAMI bisa memperjuangkan aspirasi rakyat, khususnya umat Islam. "Saya berharap kami bisa menjadi yang terdepan dalam memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya umat Islam," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh yang kerap mengkritisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), bersatu dan menggelar pradeklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Jakarta pada Minggu (2/8/2020).

Tokoh-tokoh yang hadir dalam pradeklarasi KAMI, yakni mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, pakar filsafat Rocky Gerung, ahli hukum tata negara Refly Harun, mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu dan beberapa tokoh lainnya.

Din Syamsuddin dalam acara pradeklarasi itu mengungkapkan bahwa KAMI  merupakan gerakan moral seluruh elemen dan komponen bangsa untuk menyelamatkan Indonesia.

“KAMI, pada pemahaman saya adalah sebuah gerakan moral seluruh elemen-elemen dan komponen bangsa lintas agama, suku, profesi, kepentingan politik kita bersatu, kita bersama-sama sebagai gerakan moral untuk menyelamatkan Indonesia,” ujar Din.

Din mengklaim masih banyak tokoh lain yang mendukung KAMI tapi belum bisa hadir. Di antaranya mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo, Rachmawati Soekarnoputri dan ekonom senior, Rizal Ramli. Ia menyebut, tokoh-tokoh ini bakal hadir dalam acara KAMI selanjutnya.

“Saya yakin ormas-ormas Islam juga bersepakat, belum ada yang mewakili, mungkin saya sebagai ketua Wantim MUI begitu pula ormas atau majelis agama lain semuanya tadi pagi menghubungi,” ungkap Din Syamsuddin.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani