• News

  • Peristiwa

Kelompok Laskar Bikin Onar di Solo, Muannas: Duri Pancasila, Radikalisme Belum Tuntas

Muannas Alaidid.
psi.id
Muannas Alaidid.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Advokat DPP LBH Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muannas Alaidid angkat bicara terkait adanya kelompok laskar di Solo yang membuat onar. Diketahuinya kelompok tersebut menggeruduk sebuah acara keluarga, mengeroyok tuan rumah hingga hancurkan mobil.

Menurutnya, tindakan itu menunjukkan bahwa radikalismebelum tuntas. Dia harap, hal ini tidak semakin menyebar.

"Radikalisme kita blom tuntas, jangan biarkan semakin menyebar, ini terus akan menjadi duri bagi pancasila," kata dia, dikutip dari cuitannya, Minggu (9/8/2020).

Lebih lanjut dia harap, jangan sampai orang berpikir apabila sampai tidak ditindak tegas dan dibiarkan, maka apa yang kelompok tersebut lakukan adalah benar. 

Ditambahkannnya bahwa HTI sudah bubar, maka dari itu harus ditindak tegas "bekas petinggi" dan simpatisannya. Pasalnya mereka bebas dan menyebarkan paham soal khilafah.

"Kalo smp kekerasan atas nama agama juga dibiarkan, suatu saat semua kelompok ini beranggapan yg mrk lakukan ad. benar," kata dia.

Sebagai informasi, tiga orang dilaporkan menjadi korban tindakan brutal kelompok beratribut Islam tersebut. Habib Umar Assegaf (54 thn), Habib Hadi Umar (15 thn) dan Habib Husin Abdullah (57 thn) kini harus menjalani perawatan medis akibat luka-luka yang diderita.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P