• News

  • Peristiwa

Buka Rumah Singgah untuk Isolasi Pasien Covid-19, Jakarta harus Tiru Langkah Tangerang

Basri Baco saat melakukan kunjungan ke Rumah Singgah Yasmin, Tangerang.
Istimewa
Basri Baco saat melakukan kunjungan ke Rumah Singgah Yasmin, Tangerang.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam menangani pasien positif Covid-19 mendapat apresiasi dari DPRD DKI Jakarta. Penggunaan hotel sebagai sarana isolasi pasien Covid-19 sudah sepatutnya ditiru oleh Pemprov DKI Jakarta.

Demikian dikatakan Anggota Komisi E DPRD DKI, Basri Baco saat melakukan kunjungan ke Rumah Singgah Yasmin, Tangerang, Rabu (16/9/2020).

Hotel Yasmin merupakan sebuah hotel Bintang Tiga yang disiapkan Pemkab Tangerang sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 jika Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet penuh.

"Hotel Yasmin bintang 3 dipersiapkan sebagai rumah singgah untuk merawat Pasien Covid, khususnya orang tanpa gejala (OTG) dalam rangkan persiapan klo Rumah sakit dan Wisma Atlit penuh," kata Basri Baco dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/9/2020).

Baco mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang tak merekomendasikan penggunaan gedung sekolah atau Gelanggang olahraga (GOR) sebagai tempat isolasi.

Alasannya kata Baco, cukup logis, dalam isolasi pasien Covid-19 dianjurkan memiliki perasaan senang, sehingga menimbulkan perasaan positif yang akan meningkatkan imun mereka.

"Sekolah dan GOR tidak di rekomendasikan karena pasien harus senang dan happy agar imun tinggi supaya percepatan penyembuhan bisa lebih cepat," ujar dia.

Ketua Fraksi Golkar ini pun menilai, langkah Pemkab Tangerang menjadikan hotel berbintang sebagai sarana isolasi, dapat menjadi contoh Pemprov DKI Jakarta dalam menangani pasien Covid-19.

"Saya rasa ini bisa jadi contoh kita di DKU bahwa dalam merawat Pasien OTG musti kaya dan punya standar Kebutuhan dasar," tutur Baco.

Dengan pemanfaatan hotel sebagai sarana isolasi, menurut Baco dapat menjadi solusi dalam isolasi satu keluarga yang terpapar Covid-19.

Lebih lanjut Baco menuturkan, penggunaan hotel berbintang sebagai rumah singgah pasien Covid-19 merupakan hasil pengalaman Pemerintah Tangerang dalam merawat pasien Covid-19 di Rumah Singgah Griya Ana Batik. Dimana tingkat kesembuhan pasien relatif tinggi karena fasilitas kesehatan yang baik.

"Pengalama mereka waktu lalu buka rumah singgah di Griya Ana Batik, tingkat kesembuhannya tinggi karena fasilitas kesehatan bagus," jelasnya.

"Semua Gratis untuk masyarakat yang ber KTP Kabupaten Tanggerang. Disiapkan kamar jika ada pasien satu keluarga," sambungnya.

Rombongan sendiri diterima langsung oleh Bupati Tanggerang Ahmed Zaki Iskandar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kab Tangerang. Dalam peninjauan itu, Zaki menjelaskan secara rinci bagaimana persiapan Rumah Singgah Yasmin.

Sementara dalam kunjungan tersebut, diikuti oleh empat fraksi, yakni PDIP diwakili Woede Herlina, Fraksi Gerindra diwakili Rany Mauliani, Fraksi PSI diwakili Idris Ahmad dan Arianggara, sementara Fraksi Golkar diwakili oleh Basri Baco, Judistira Hermawan, Taufik Azhar dan Dimaz Soesatyo.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani