• News

  • Peristiwa

Protokol Kesehatan DKI Ngaco, Eko: Ada Orang di Kamar Mandi Gak Pake Masker Juga Ditangkep

Pegiat media sosial Eko Kuntadhi
Istimewa
Pegiat media sosial Eko Kuntadhi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menyoroti kegiatan penertiban protokol kesehatan oleh Pemerinta Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Eko, petugas di lapangan kurang tepat melakukan tugasnya. Eko mencontohkan, ada warga yang sedang minum sendirian di mobilnya, lalu ditangkap dan diberi hukuman oleh petugas yang sedang razia. Padahal, sudah jelas, orang minum tak mungkin bisa pakai masker. Selain itu, ada beberapa contoh kejadian lagi yang ia laporkan.

“Ada dokter, pulang kerja naik mobil sendiri, gak pake masker. Dia ditangkep.

Ada yang minum di mobil sendiri juga ditangkap. Soalnya minum gk bisa sambil pake masker.

Nanti ada orang di kamar mandi, gak pake masker juga ditangkep.

Ndro, tegas tuh penting. Tapi jgn ngaco dong” tulis Eko di akun Twitternya, Kamis (17/9/2020).

Meski dianggap ngaco, tindakan tersebut ternyata memang ada landasan hukumnya sesuai Pergub Nomor 88 Tahun 2020 tentang PSBB ketat yang mulai berlaku 14 September 2020. Dilansir dari detik.com, seorang warga Sunter Agung, Jakarta Pusat, bernama Budi (74) hanya bisa pasrah setelah terkena penindakan operasi yustisi karena tidak menggunakan masker di mobil. Dia terpaksa membayar denda Rp 55.000.

"Jadi saya baru ke luar rumah, ini masker ada di mobil, telat pakai. Cuma saya sendirian di mobil. Akhirnya bayar denda Rp 55.000. Pergubnya begitu mau gimana lagi," jelas Budi.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Pergub Nomor 88 Tahun 2020 tentang PSBB ketat yang mulai berlaku 14 September 2020. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menegaskan pihaknya juga akan mulai menggelar operasi yustisi.

"Saya selaku Kapolda Metro Jaya tentunya mendukung sepenuhnya kegiatan atau pun perpanjangan pembatasan aktivitas masa PSBB selanjutnya ini. Kami Polda Metro Jaya berserta dengan jajaran tentunya akan memaksimalkan dan memasifkan upaya dalam rangka mendukung kebijakan-kebijakan yang sudah disampaikan tadi," kata Irjen Pol Nana Sudjana dalam konferensi pers, di Balai Kota, Minggu (13/9/2020).

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati