• News

  • Peristiwa

Terawan Sebut Masih Ribuan Dokter Tangani Covid, YW: Saya Kecewa dengan Kerjanya Tapi...

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya
Istimewa
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tengah jadi perbincangan. Alasannya beredar meme yang isinya pernyataan sang Menteri bahwa kematian dokter jangan dibesar-besarkan. Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya ikut mengomentari meme tersebut. Menurutnya, meski ia kecewa dengan kinerja Terawan, namun untuk hal ini, ia memilih untuk objektif apakah benar pernyataan tersebut fakta atau hoax.

“Saya pribadi kecewa dgn kerjanya & pengen dia diganti, tapi kok saya gak nemuin kalimat dia kaya gini langsung ya? Ada yg bisa bantu saya? Yuk tetep objektif pisahin hoax & fakta...” tulis Yunarto di akun Twitternya, Kamis (17/9/2020).

Sebelumnya, meme tersebut beredar di media sosial Twitter. Isinya adalah pernyataan Terawan dan sebuah alinea soal kritik dari Anggota DPR Nasir Djamil. Adapun petikan pernyataan Terawan adalah sebagai berikut; “Kematian Dokter jangan dibesar-besaran, masih banyak tenaga cadangan dokter capai 3000-an” 

Sementara protes dari Nasir Djamil intinya menyayangkan pernyataan sang Menkes yang seolah menjadikan dokter sebagai “stok” gudang. Selain tidak menunjukkan empati, ucapan Terawan tersebut malah menunjukkan kegagalannya mengantisipasi krisis kesehatan di Indonesia sehingga banyak tenaga kesehatan yang gugur. 

Sebelumnya diberitakan bahwa Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merinci kesediaan dokter dan tenaga medis untuk membantu menangani pandemi Covid-19. Menurutnya masih ada 3.500 dokter internship (magang) di Indonesia untuk tenaga tambahan jika diperlukan.

"Masih ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga nusantara sehat dan di samping itu ada tenaga relawan 685," ucap Terawan dalam Konferensi Pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/9).

Ia juga merinci, dari jumlah 3.500 dokter tersebut, sudah termasuk dokter spesialis paru, anastesi, spesialis penyakit dalam, serta tenaga kesehatan seperti perawat dan dokter umum.

"Juga tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, yang siap disebarkan, siap untuk membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan," ujarnya.

Sementara untuk total relawan tenaga kesehatan nusantara sehat dan internship yang sudah ditempatkan sebanyak 16.286 orang. Terawan mengatakan, jumlah tersebut telah tersebar di RS Covid-19 dan laboratorium sarana kesehatan

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati