• News

  • Peristiwa

PNS nya Terpapar Covid, Kemkes Dianggap Berhasil, YW: Gak Gini Juga Framingnya Bambang

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.
Genpi
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Ekksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyoroti tingginya kasus positif di Kementerian Kesehatan. Hingga saat ini tercatat ada 139 PNS di Kemkes yang terkonfirmasi positif Covid-19.


Menurut Dar Edi Yoga, Penasehat Kelompok Obrolan Inspiratif BRD (Beranda Ruang Diskusi), tingginya angka pegawai yang terinfeksi di Kemkes menunjukkan bahwa jajaran Kementerian Kesehatan telah melakukan tugasnya dengan baik.

"Jika yang terpapar sedikit, maka menunjukkan jajaran Kemkes tidak aktif memberikan layanan ke berbagai lapisan masyarakat," tegas Dar Edi Yoga seperti dilansir Beritasatu.com, Jumat (18/9/2020).

Yunarto sendiri tidak sepakat dengan pendapat Edi Yoga tersebut. Indikator yang tidak dipakai dalam pernyataan tersebut memang bukan protokol kesehatan, sehingga kasus positif dianggap keberhasilan. 

"Duh ini juga, gak gini juga framingnya bambangggg...." tulis Yunarto di akun Twitternya, Sabtu (19/9/2020).

Sebelumnya diberitakan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat banyak pegawainya yang terinfeksi virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19. Pegawai Kemkes yang terpapar Covid-19 dan mengalami gejala ringan menjalani isolasi mandiri, sedangkan yang menunjukkan gejala berat dirujuk ke rumah sakit.

Kendati demikian, Kemkes tidak melepas pegawainya yang positif saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Pemantauan dilakukan lewat pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terdekat, dan Unit Pelayanan Kesehatan Kemkes setiap hari. Sedangkan bagi yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan namun rumahnya belum bisa digunakan untuk isolasi mandiri, dirujuk ke Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kantor Kementerian Kesehatan menjadi klaster terbanyak saat ini di ibu kota. Tercatat, ada 139 kasus corona di gedung pemerintah pusat itu. Hal ini diketahui dari situs resmi Pemprov DKI penyedia data informasi seputar corona di ibu kota, yakni corona.jakarta.go.id.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani