• News

  • Bisnis

Bisnis Jasa Butuh Revolusi Digital, Begini Cara Anda Melakukannya

Ilustrasi
Freepix
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jutaan orang saat ini bekerja dari rumah, dengan lonjakan yang cukup drastis sejak krisis global mulai menyebar sejak Maret 2020.

Banyak bisnis menyadari bahwa kerja jarak jauh ternyata bisa efisien, terkadang bahkan lebih efisien, daripada bekerja di kantor secara fisik.

Manfaat ini telah menyebabkan banyak perusahaan mempertahankan karyawan mereka bekerja dari rumah lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dengan begitu banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah dan menghindari interaksi fisik.

Oleh karena itu, bisnis jasa juga perlu beradaptasi untuk bisa menjangkau pelanggan setia mereka atau yang baru dengan mempermudah urusan digital mereka.

Jadi, bagaimana Anda menjangkau pelanggan di bawah paradigma baru ini?

George Kocher, CEO Brand North, sebuah perusahaan konsultan pertumbuhan digital, mengatakan, bahwa dengan pelanggan di rumah, rujukan dari mulut ke mulut akan mulai menurun untuk sektor layanan sebagai akibat dari interaksi yang tidak biasa.

"Karena alasan ini, semakin penting bagi bisnis jasa untuk menjangkau pelanggan melalui saluran baru dan menyederhanakan pengalaman pembelian mereka. Hal ini disebabkan, generasi milenial saat ini yang semakin membenci mengangkat telepon terlebih dari sales produk," ungkapnya.

Generasi milenial cenderung tidak mau mengangkat telepon atau meminta dihubungi, karena beberapa alasan. Generasi ini lebih cenderung mempercayakan media sosial atau grup di jaringan WhatsApp.

Akibatnya, bisnis tradisional telah berpindah ke operasi jarak jauh. Padahal, bisnis tradisional selalu berinteraksi secara fisik dengan pelanggan.

Ada ratusan contoh di mana bisnis telah beralih secara online. Bisnis jasa berjalan dengan baik, tetapi inilah saatnya untuk mengatasi perubahan dalam perilaku konsumen dan membuat proses pembelian yang tak membatasi jarak.

Bagaimana beradaptasi dengan perkembangan yang ada?

Apa pun jenis perusahaan yang Anda operasikan, penting untuk beradaptasi dengan cepat. Ini melibatkan online dan menemukan audiens Anda di sana, dengan beberapa cara berbeda.

Perbarui situs web perusahaan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan audit terhadap situs web Anda dan membuat perubahan yang diperlukan pada kecepatan, waktu pemuatan, dan pengalaman pengguna.

Pastikan situs web Anda memungkinkan pengunjung untuk membeli produk atau layanan Anda tanpa harus berinteraksi dengan Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memiliki visibilitas online.

Masa depan membawa banyak hal yang tidak diketahui, tetapi bersiaplah untuk melakukan banyak penjualan tanpa berinteraksi dengan pelanggan Anda - dan buat proses itu lebih mudah bagi mereka.

Libatkan pelanggan saat ini secara online

Anda harus sering terlibat dengan basis pelanggan Anda saat ini secara online. Baik Anda melakukannya melalui pemasaran email, buletin, atau akun media sosial, terlibat dengan pelanggan online Anda saat ini cukup mudah dan dapat membangun hubungan yang langgeng.

Dorong pelanggan untuk berkomentar, berbagi, dan menandai konten yang Anda distribusikan secara online. Bagikan testimonial pelanggan. Sertakan pertanyaan umum (FAQ) di situs web Anda sehingga pelanggan tidak perlu mengangkat telepon. Sertakan video tutorial, panduan cara kerja dan jenis konten lainnya yang memposisikan perusahaan Anda sebagai pakar di bidangnya.

Bersosialisasi dengan halaman arahan baru

Membuat dan melibatkan strategi sosial yang didukung oleh keterlibatan berbayar ke halaman landing dengan opsi pembelian bisa sangat bermanfaat.

Saat ini, orang-orang masih saja membeli. Dunia belum berhenti, tetapi itu terjadi lebih jauh dari sebelumnya. Memiliki konversi online yang mudah adalah langkah besar di atas persaingan.

Kesimpulannya, Tidak ada jalan lain, kita akan terus melangkah lebih jauh ke dalam masyarakat online berbasis jarak jauh.

Lakukan upaya yang solid untuk merampingkan cara perusahaan Anda berkomunikasi dan menjual kepada pelanggan sesegera mungkin sehingga Anda dapat memanfaatkan situasi kenormalan baru dan tumbuh berkembang seiring perjalanan waktu, demikian dilansir dari enterpreneur.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya