• News

  • Peristiwa

Ciptakan Ketahanan Kesehatan Saat Pandemi, Stafsus Menkes Tawarkan Tele Sehat

Staf Khusus (Stafsus) Menteri Kesehatan (Menkes) Mariya Mubarika.
Lokadata
Staf Khusus (Stafsus) Menteri Kesehatan (Menkes) Mariya Mubarika.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Staf Khusus (Stafsus) Menteri Kesehatan (Menkes) Mariya Mubarika menawarkan Tele Sehat sebagai sistem jaringan pengamanan kesehatan warga, disepakati oleh gubenur dan juga kepala dinas. Tele Sehat rencananya akan segera di bangun di Kalimantan Selatan.

Kata Dokter Mariya, Tele Sehat ini dapat mendekatkan warga dengan dokter dengan sistem yang familiar yakni berbasis website dan Aplikasi WhatsApp.

"Jadi warga jika bingung segera terhubung dengan orang yang bisa mengarahkan dengan benar. Tele Sehat ini bisa di operasikan sesuai dengan kompetensi warga, kelas empat SD sudah bisa memakai, sehingga anak-anak bisa bantu orang tua nya juga menghubungi dokter," kata Dokter Mariya, Mariya, seperti dalam keterangan tertulis yang Netralnews terima, Senin (21/9/2020).

Pernyataan ini disampaikan saat Gubenur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menerima Mariya beserta rombongan yang ditugaskan dalam “Taks Force Tim IX” pengendalian pandemi Covid-19 pada provinsi angka kejadian tertinggi di Hotel Ratan Inn pada 17 September 2020 lalu.

Gubernur Sahbirin mengakui, yang menjadi masalah saat ini memang kepatuhan dan pemahaman masyarakat terkait tindakan apa yant harus dilakukan apabila terpapar Covid-19. Gubernur juga menyadarin apabila tidak di kendalikan maka dampaknya terus melebar, salah satunya angka kematian.  

Tawaran Dokter Mariya lantas disepakati untuk membangun sebuah sistem yang tidak hanya tahan terhadap pandemi tetapi bisa menciptakan ketahanan kesehatan secara keseluruhan.

"Ini ( Covid-19) penyakit baru. Tidak ada pilihan, semua harus belajar dengan baik agar tidak salah dan bisa menangkis isu-isu hoax yang ada, banyak sekali isu yang menjauhkan warga untuk menghadapi pandemi ini dengan benar," tegas Dokter Mariya. 

Lebih lanjut Dokter Mariya menyampaikan kepada Gubenur bahwa Poltekes Kemenkes RI Banjarmasin siap untuk memberikan training kepada semua warga secara online terkait masalah yang tengah dihadapi. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan dinas kesehatan, puskesmas, IDI dan juga IAKMI.  

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian