• News

  • Peristiwa

Utang Melonjak 143 Persen,TZ Minta Menkeu tak Usah Khawatir Banyak Buzzer yang Menutupinya

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain
Istimewa
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) Majelis Ulama.Indonesia  (MUI) Tengku Zulkarnain menanggapi pemberitaan disalahsatu portal berita terkait hutang negara yang melonjak 143 persen.

Ustad Zul, sapaan akrab Tengku Zulkarnain, mengatakan, meski APBN terasa berat, namun Menteri Keuangan Sri Mulyani tak perlu merasa kuatir. Pasalnya ada buzzer yang siap menutupi dan membully pengeritik.

"APBN sangat berat." Kan ada Pandemi Covid 19 bisa dijadikan KAMBING HITAM. Ibu tdk perlu khawatir ada banyak Buzzers yg menutupinya dan membully pengeritik," kata Ustad Zul dalam akunnya @ustadtengkuzul.

Diketahui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan realisasi utang pemerintah untuk membiayai anggaran hingga akhir Agustus 2020 telah mencapai Rp 693,6 triliun.

Bendahara Negara menjelaskan, jumlah tersebut setara dengan 57,2 persen dari perkiraan yang dicantumkan dalam Perpres Nomor 72 tahun 2020 yang mencapai Rp 1.220,5 triliun.

Sedangkan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 285,1 triliun, utang yang ditarik pemerintah meningkat 143,3 persen.

"Beban APBN kita luar biasa berat, dan ini terlihat dari sisi pembiayaan," jelas Sri Mulyani ketika memberikan keterangan dalam APBN KiTa, Selasa (22/9/2020).

Secara lebih rinci Sri Mulyani menjelaskan, utang tersebut sebagian besar berupa penerbitan SBN yang mencapai Rp 671,6 triliun atau 57,2 persen dari rencana penerbitan SBN tahun ini yang mencapai Rp 1.173,7 triliun.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati