• News

  • Nasional

Kapolri Sebut Gajah Mada Figur Panutan

Kapolri Tito Karnavian (bonepos.com)
Kapolri Tito Karnavian (bonepos.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan kesetiaan Polri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia menyebut Gajah Mada sebagai figur teladan dan panutan.

Hal itu ditegaskan Jenderal Tito saat membuka arahan Presiden Jokowi di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2016).

Menurutnya Gajah Mada adalah sosok prajurit yang setia terhadap bangsa dan negara. "Gajah Mada terkenal dengan pasukan Bhayangkaranya yang setia membela negara," kata Tito, dijawab teriakan Setuju, oleh ratusan personel kepolisian yang hadir.

Sesuai Tribrata dan Catur Prasetya, ditegaskan Tito, Polri selalu siap membela negara dan mengikuti instruksi Presiden.

Dalam sambutannya, Tito juga mengatakan, dalam kesempatan ini ada 602 pejabat utama Polri yang hadir dan siap mendengarkan arahan Presiden. 33 Kombes, Pati Polri di Mabes Polri dan Polda Metro Jaya serta komandan yang terlibat dalam pengamanan aksi 4 November dan pasukan Bintara dan Tamtama.

"Namun sebagian Pati (pejabat tinggi) Polri seperti Wakapolri, Irwasum dan beberapa lainnya masih sibuk mengikuti kegiatan Interpol di Bali," ujar Tito.

Sekedar diketahui Presiden Jokowi hadir memberikan arahan kepada ratusan personel kepolisian di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Presiden hadir didampingi Mensesneg Pratikno.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Hila Japi