• News

  • Nasional

Atraksi Hawk Meriahkan HUT ke-70 TNI-AU

Pesawat tempur Hawk 100/200 milik Skadron Udara 12 bertolak dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menuju Lanud Halim Perdanakusuma untuk bersiap mengikuti peringatan HUT ke 70 TNI ..
garudamiliter.blogspot.com
Pesawat tempur Hawk 100/200 milik Skadron Udara 12 bertolak dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menuju Lanud Halim Perdanakusuma untuk bersiap mengikuti peringatan HUT ke 70 TNI ..

PEKANBARU, NETRALNEWS.COM  - Atraksi terbang melintas (flight pass) pesawat tempur Hawk 100/200 mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara ( TNI AU) di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Terbang melintas yang dilakukan dua pesawat Hawk 100/200 dilakukan beberapa saat setelah upacara peringatan HUT TNI ke 70 yang dipimpin langsung Komandan Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Marsekal Pertama Henri Alfiandi di Skadron Udara 12, Sabtu (9/4/2016).

Dari pantauan terlihat sejumlah formasi yang dilakukan oleh dua pesawat yang dipiloti Kapten Penerbang Made Yogi dan Lettu Penerbang Reza Yori tersebut. Di antaranya adalah terbang secara beriringan rendah kemudian berpencar dan beberapa kali aksi pertempuran tunggal (single flight) di ketinggian yang rendah.

Aksi kedua pilot tersebut membuat kagum sejumlah tamu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) yang hadir, diantaranya Danrem 031/WB, Danlanal Dumai, Kapolda Riau dan pejabat pemerintahan setempat.

Dalanud RSN Marsekal Pertama Henri Alfiandi kepada Antara News di sela-sela atraksi pesawat itu mengatakan HUT TNI AU ke 70 ini mengusung tema "Dilandasi Moralitas, Integritas, Profesionalitas dan Militansi, TNI AU siap mengamankan wilayah dirgantara dalam rangka penegakan kedaulatan dan keutuhan NKRI".

"Target kita dalam memperingati HUT TNI AU ini tentunya sesuai tema. Moralitas prajurit, kemudian integritas antar angkatan. Kemudian, profesionalisme yang paling utama," jelasnya.

Ia mengatakan, peningkatan profesionalisme prajurit menjadi tujuan utama TNI AU saat ini, terutama di bawah Komando yang ia pimpin.

"Bagaimana caranya? Caranya adalah saya sebagai Komandan harus mendidik dan melatih. Berulang-ulang sehingga timbul profesionalisme hingga tercapai grade utama, yaitu zero accident," katanya menegaskan.

Pencapain tingkatan (grade) utama tanpa adanya kecelakaan (zero accident) menjadi tujuan profesional dalam dunia kemiliteran.

Dalam rangkaian kegiatan HUT TNI AU ke 70 tersebut, Lanud RSN menyuguhkan beragam acara menarik yang terbuka untuk umum serta gratis.

Selain atraksi Hawk 100/200, masyarakat umum juga disuguhkan melihat langsung pesawat tempur F16, aksi terjun payung, aeromodeling, paramotor, dan persenjataan Batalyon Komando 462 Paskhas.

Menurut Henri, terbukanya segala rangakain kegiatan dan ditampilkannya alat utama sistem persenjataan TNI AU Lanud RSN itu untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat ke dunia kedirgantaraan.

"Saya tidak ingin masyarakat Riau merasa ada jarak dengan TNI AU. Kemudian juga menumbuhkan edukasi. Jadi, jika dulu nenek moyangku seorang pelaut, maka anak cucuku kedepan adalah insan dirgantara," ujarnya lagi.


Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antaranews.com