• News

  • Lingkungan

Ini Dia Laba-laba yang Mirip Topi Penyihir Gryffindor

Laba-laba (kanan foto) yang mirip dengan topi Gryffindor dalam serial Harry Potter (Comicbook)
Laba-laba (kanan foto) yang mirip dengan topi Gryffindor dalam serial Harry Potter (Comicbook)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika Anda penggemar film serial Harry Potter, pasti tidak asing dengan topi Godric Gryffindor. Topi ini yang akan membaca pikiran siswa dan selalu ditempatkan di kepala siswa baru untuk menentukan siswa akan ditempatkan di kelas mana di asrama Hogwarts.

Nah, ilmuwan India menemukan laba-laba yang memiliki kemiripan dengan topi seleksi Gryffindor itu. Nama laba-laba itu diambil dari Godric Gryffindor yakni Eriovixia gryffindori dengan panjang hanya 7 mm. Laba-laba ini memiliki bentuk mirip dengan benda ajaib sang pinyihir dalam kisah yang ditulis oleh JK Rowling.

Hewan itu ditemukan di Ghats Barat yang terletak bagian barat daya India.

"Kami sedang memeriksa area tersebut saat bertemu dengan laba-laba itu," kata Javed Ahmed, salah satu dari tiga peneliti yang menemukan hewan tersebut, seperti dikutip dari laman Antaranews, Kamis (15/12/2016).

Laba-laba itu menyerupai bentuk daun kering untuk melindungi diri dari pemangsa. Penemuan itu tidak luput dari JK Rowling, pengarang Harry Potter.

"Saat menemukannya, kami memutuskan untuk memberi nama dari topi seleksi. (Rowling) sangat senang. Dia bilang dia merasa bangga dan memberi selamat pada kami," kata Ahmed.

"Berapa banyak pencinta sains yang bisa memberi nama spesies dari karakter favoritnya serta mendapat ucapan selamat dari pengarangnya?" imbuh dia.

Penemuan ini bersamaan dengan film terbaru spin off Harry Potter Fantastic Beasts and Where to Find Them yang berkisah tentang magizoologis pencinta makhluk-makhluk gaib.

Editor : Lince Eppang