• News

  • Nasional

Anang Hermansyah Usulkan Pendidikan Pancasila Kembali Digalakkan

Anang Hermansyah
Anang Hermansyah

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi X DPR fraksi PAN, Anang Hermansyah mengusulkan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, mata pelajaran dan mata kuliah pendidikan Pancasila harus kembali diintensifkan. Sifatnya bukan komplementer tapi elementer.

Dijelaskan, penanaman terhadap Pancasila sebagai norma dasar berbangsa dan bernegara dapat menjadi tameng terhadap ideologi impor yang masuk ke Indonesia. Anang meyakini, bila Pancasila dipahami dan dilaksanakan secara paripurna dapat menangkal efek negatif ideologi impor.

"Pintunya terletak di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Ristek Dikti, guna merumuskan soal pendidikan Pancasila agar bisa masuk dalam mata pelajaran dan mata kuliah," kata Anang di Jakarta, Sabtu(17/12/2016).

Lanjut Anang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset dan Dikti dapat bekerjasama dengan MPR untuk menyusun soal pendidikan pancasila bagi generasi muda.

"MPR sejak tahun 2009 telah menjadi lembaga yang menyebarluaskan Empat Pilar Bangsa salah satunya Pancasila. Lembaga tersebut (MPR-red) bisa dijadikan mitra pemerintah untuk menyusun roadmap soal pendidikan Pancasila ini," ujar Anang, menyarankan.

Anang lalu menegaskan lagi usulannya agar mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila, kembali dimasukan menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah dari SD hingga Perguruan Tinggi, sebagaimana di era Orde Baru.

Pendidikan Pancasila saat ini harus dilakukan secara partisipasi - emansipatoris dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi