• News

  • Nasional

KPU Diminta Beri Perhatian Khusus atas Papua

Monas salah satu simbol bangsa kita betapapun fakta-fakta politik
Monas salah satu simbol bangsa kita betapapun fakta-fakta politik "keluar" dari Konstitusi Negara

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum diminta memberikan perhatian khusus kepada Papua dalam kaitan Pemilu terutama Pilkada. Himbauan disampaikan Kementerian Dalam Negeri agar memperhatikan kekhususan Pilkada di Papua Barat.

Hal demikian ditegaskan oleh Direktorat Jenderal OTDA Kemendagri, Sumarsono di Jakarta, Selasa kemarin. Alasan perhatian khusus ini adalah mengingat dan mempertimbangkan adanya adanya Majelis Rakyat Papua (MRP) yang mempunyai kepentingan untuk dilibatkan dalam proses tahapan pilkada di Papua.

“KPU juga melibatkan MRP sebagai wadah masyarakat Papua. Belum lagi, Papua Barat juga memiliki Fraksi Papua yang mempunyai 10 kursi di dewan daerah bersama dengan partai politik lainnya,” kata Sony di Gedung KPU.

Sony mencontohkan, keberadaan fraksi sendiri di Papua, kata dia, apakah nantinya bisa mengusung seperti partai lokal aceh atau seperti apa, KPU dinilai perlu memerhatikan hal-hal seperti itu.
 
Lanjutnya, seluruh masukan tersebut, kata dia, dapat menjadi perbaikan bagi penyelenggara pemilu untuk mengurangi adanya tuntutan hukum kepada KPU. Misal seperti tak mengakomodir elemen lain yang ada di Papua Barat, tegas Sony.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi