• News

  • Nasional

Soal Raperda Pantai Jakarta, KPK Periksa 4 Anggota DPRD DKI

Gedung KPK
Gedung KPK

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - KPK mendalami peran sejumlah anggota DPRD DKI dalam pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) Reklamasi Pantai Utara Jakarta.

"Pansus zonasi ya saya ketua pansus zonasi, jadi semua kita kasih keterangan ke penyidik ya," kata anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Selamat Nurdin di gedung KPK Jakarta, Senin (25/4/2016).

KPK hari Senin memeriksa Wakil Ketua Badan Legislasi DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Merry Hotma, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Selamat Nurdin, anggota Baleg DPRD DKI Jakarta Mohamad "Ongen" Sangaji yang juga Ketua Fraksi Hanura DPRD DKI Jakarta dan Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI sekaligus anggota Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Bestari Barus serta staf khusus Gubernur DKI Jakarta Sunny Tanuwidjaja.

"Tanya ke Balegda ya," jawab Selamat singkat saat ditanya mengenai lamanya raperda dibahas.

Raperda tersebut sudah dibahas sejak beberapa bulan lalu namun pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Legislasi DPRD DKI Jakarta belum sepakat karena pemprov DKI Jakarta mengusulkan tambahan kontribusi 15 persen nilai jual objek pajak (NJOP) dari lahan efektif pulau yaitu seluas 58 persen luas pulau.

Sementara sejumlah anggota baleg DPRD mengusulkan persentase NJOP dan luasan faktor pengali yang jauh lebih kecil yaitu lima persen.

Mohamad "Ongen" Sangaji juga enggan mengungkapkan keterangannya di KPK.

"(Pemeriksaan) soal baleg dan banyak hal yang memang saya sampaikan dan itu jadi rahasia penyidik," kata Ongen seusai diperiksa.

Editor : Hila Japi
Sumber : Antaranews