• News

  • Nasional

Pilkades Serentak 33 Desa di Bulukumba, Sulawesi Selatan


BULUKUMBA, SULAWESI SELATAN, NETRALNEWS.COM –  Sebanyak 33 Desa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan hari ini Selasa (26/4/2016), menggelar pemilihan kepala desa serentak.
 
Pantauan Netralnews.com, warga di setiap Desa yang tengah Pilkades terlihat sangat antusias menyambut pesta Pilkades Serentak yang diselkenggarakan di 33 Desa wilayah setempat.

Saking semangat untuk memiliki pemimpin baru, meski hujan mengguyur sebagian tempat di Bulukumba, namun antusias warga tetap tak terbendung. Mereka antusias untuk menyalurkanhak pilihnya. Satu hal yang luar biasa, meski mayoritas warga yang bekerja sebagai petani tersebut diantar jemput oleh para tim dari calon kepala desa.

“Untung saja hujan karena kami bisa ikut memilih. Kalau tidak, tentu jam segini kami sudah ada di tengah sawah dan kebun,” ujar Asdar salah seorang warga Dusun Massowanie, Desa Bontomanai, Kecamatan Rilau Ale.


Di Bontomanai, Kecamatan Rilau Ale yang melaksanakan pilkades, pilkades juga digelar di Desa Anrang, Desa Bulolohe, Desa Bonto Bangung, Desa Swatani, dan Desa Bonto Matene serta puluhan desa di 8 dari 10 kecamatan yang ada di Bulukumba.


“Pantauan kami, alhamdulillah pelaksanaan pilkades hari ini berjalan aman dan lancar. Semoga pada saat penghitungan suara, warga dapat mengikuti serta calon kades dapat menerima kemenangan maupun kekalahan,” ujar Aiptu H Muh Husain, petugas pengamanan dari Polsek Rilau Ale.


Tokoh masyarakat Bulukumba H Andi Muktamar Mattotorang, kepada kepada wartawan mengatakan, sangat antusias mengikuti perhelatan Pilkades serentak ini dan mengharapkan agar proses demokrasi tingkat desa tersebut dapat berjalan dengan lancar, aman serta tidak menimbulkan riak-riak yang dapat memicu perpecahan, sebagaimana biasanya.

“Saya berharap siapapun yang terpilih pada siang ini, dapat menghargai calon lain begitu pulacalon yang belum sempat mendapat amanah rakyat agar dapat menghormati pemenang. Sama- sama bersinergi untuk membangun desa sebagai ujung tombak pembangunan abupaten Bulukumba,” ujar eks Ketua DPRD Bulukumba. Muttamar yang merupakan mantan Ketua DPRD Bulukumba kepada wartawan di lokasi pilkades

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi