• News

  • Nasional

Pilkada Sulsel, Empat Figur Miliki Elektabilitas Tinggi

Ilustrasi Pilkada (netizenpos.com)
Ilustrasi Pilkada (netizenpos.com)

MAKASSAR, NETRALNEWS.COM - Perhelatan Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) memang masih dua tahun lagi, namun dukungan masyarakat sudah mengarah ke sejumlah figur yang dinilai miliki elektabilitas tinggi.

Demikian diungakapkan oleh Direktur Eksekutif PT Pedoman Suara Indonesia (PT PSI) Dr Arief Wicaksono di Makassar, Minggu (1/5/2016)

Menurut Arief, empat figur bakal calon gubernur saat ini tertinggi elektabilitasnya yaitu anggota DPD Azis Kahar Muzakkar, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sulsel saat ini Agus Arifin Numang dan mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo.

Dalam kacamata alumni Hubungan Internasional Unhas ini, keempatnya dianggap figur populer dan punya kelebihan masing-masing

Namun keunggulan keempatnya belum signifikan dan masih berpotensi dikejar figur lainnya seperti anggota DPR dari Partai NasDem Akbar Faizal, mantan Kapolda Sulsel Burhanuddin Andi, anggota DPR Lutfi Andi Mufti, dan Ketua Gerindra Sulsel Latinro Latunrung

Menurut Arief, walaupun keunggulan keempat figur tersebut belum terlalu signifikan tapi elektabilitas mereka saat ini bisa menjadi modal untuk meyakinkan partai politik untuk mengusung mereka, terutama Nurdin Abduula yang tren elektabilitasnya bergerak kencang keatas.

Begitu juga Agus Arifin Numang tren elektabilitasnya cukup bagus.

"Sedangkan Azis Kahar Muzakkar dan Ichsan YL walau di empat besar elektabilitasnya tapi pergerakan tidak sekencang Nurdin dan Agus AN," papar Arief.

Arief menilai Pilgub sulsel 2018 akan berjalan ketat sebab semua figur miliki keunggulan masing-masing yang menopang popularitas dan elektabilitasnya.

"Tinggal kerja-kerja politik rill dan kesiapan biaya politik yang menjadi penentu kemenangan," kata Dekan FISIP Universitas Bosowa 45 ini.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin