• News

  • Lingkungan

Di Sini Tempatnya Wisata Sekaligus Budayakan Makan Sayur dan Buah

Mensos Khofifah Indar Parawansa (Netralnews/Martina Rosa)
Mensos Khofifah Indar Parawansa (Netralnews/Martina Rosa)

MALANG, NETRALNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ide agar anak-anak sekolah di Kabupaten Malang dan sekitarnya dapat diarahkan untuk mengunjungi Desa Wisata Agro. Anak-anak bisa berwisata sekaligus membudayakan makan sayur dan buah. 

"Para Kepala Sekolah dan guru bisa mengajak murid-muridnya melakukan wisata edukasi. Ajak mereka mengenal dan mencintai produk buah dan sayuran. Pengalaman menyenangkan ini tentu akan membuat proses belajar mereka jadi lebih menyenangkan dan akan mendorong kebiasaan makan buah dan sayur," tutur Kofifah, seperti keterangan tertulis yang redaksi terima dari Humas Kementerian Sosial (Kemensos), Minggu (12/3/2017).

Desa Wisata Pujon Kidul Malang menawarkan beragam kegiatan yang menyenangkan. Ada wisata petik sayur, peternakan sapi, pengolahan susu, hingga outbound. Pemandangan yang tersaji seluas mata memandang juga sangat indah. Hamparan sawah hijau dan pegunungan serta udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

"Desa wisata ini sangat potensial menjadi wisata unggulan di Kabupaten Malang. Maka diperlukan pembinaan pada masyarakat untuk membangun dan mengelola tempat wisata sekaligus homestay yang juga dikelola warga," kata Mensos.

Dalam kunjungan Desa Wisata Agro Pujo Kidul, Kabupaten Malang, Mensos memuji upaya pemerintah daerah bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga setempat. Selain itu juga patut dijadikan percontohan.

Mensos berharap format pengelolaan oleh masyarakat seperti Desa Wisata Pujon Kidul efektif dalam membangun pemerataan kesejahteraan dan menurunkan ketimpangan.

"Desa Wisata Agro Pujon Kidul bisa menjadi role model peningkatan kesejahteraan masyarakat," tukas Mensos.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang