• News

  • Lingkungan

Perairan Babel Besok Alami Cuaca Buruk

Perairan Babel besok diperkirakan mengalami cuaca buruk. (Ilustrasi: BMKG)
Perairan Babel besok diperkirakan mengalami cuaca buruk. (Ilustrasi: BMKG)

PANGKALPINANG, NETRALNEWS.COM – Kawasan Kepualauan Bangka Belitung kemungkinan besar terjadi cuaca buruk pada esok Selasa,(06/06/2017).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait kemungkinan hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang diprakirakan berpeluang melanda sebagian wilayah Provinsi Kepulauan tersebut.

Menurut prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Muhammad Nurwahyudi, setidaknya enam wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpeluang dilanda hujan lebat disertai petir terutama pada siang hari.

Keenam wilayah itu, yakni Muntok di Kabupaten Bangka Barat, Sungailiat di Kabupaten Bangka, kemudian Koba dan Sungai Selan di Kabupaten Bangka Tengah, Toboali di Kabupaten Bangka Selatan dan Tanjungpandan di Kabupaten Belitung.

Sehubungan dengan itu warga diharapkan senantiasa waspada dengan tidak beraktivitas di tempat-tempat terbuka pada saat turun hujan. Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri rata-rata cerah dan cerah berawan dengan kecepatan angin pada kisaran 20 kilometer per jam, suhu 23-32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65-95 persen.

Pada kesempatan yang sama BMKG Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait kemungkinan gelombang tinggi di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan yang diprakirakan dapat mencapai 3,0 hingga 4,0 meter.

"Hampir di seluruh jalur penyeberangan kecuali di Selat Bangka berpotensi terjadi gelombang maksimum dengan ketinggian mencapai 3,0 sampai 4,0 meter," ujar Muhammad Nurwahyudi, Senin (05/06/2017).

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,5 meter, sementara di Selat Gelasa 0,5 sampai 1,25 meter, di utara Bangka 0,5 sampai 1,5 meter, di selatan Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, dan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 2,0 meter.

Para operator dan pengguna jasa angkutan laut serta para nelayan tradisional diimbau agar senantiasa waspada karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sepanjang Selasa diprakirakan berkisar antara 10 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

 

Editor : Sulha Handayani