• News

  • Nasional

Bakal Ada Penumpukan Kendaraan, GT Cikarang Utama Digratiskan

Gerbang tol Cikarang utama (gayadigital.com)
Gerbang tol Cikarang utama (gayadigital.com)

JAKARTA NETRALNEWS.COM - Polisi memprediksi akan terjadi penumpukan pengendara selepas tarawih atau waktu sahur pada hari Jumat (23/6/2017) hari ini. Penumpukan terjadi di rest area mulai dari KM 86 Cikampek, Cipali.

"Penumpukan di mana-mana nanti malam. Di Cikarut, nanti biasanya setelah buka puasa atau tarawih pada jalan, sampai malam. Gelombang kedua nanti setelah sahur," kata Kakorlantas Mabes Polri Irjen Royke Lumowa, Jumat (23/6/2017).

"Kalau yang berangkat setelah tarawih, itu terjadi penumpukan di rest area ketika sahur. Rest area mulai dari KM 86 Cikampek, Cipali, di sekitar itu," sambungnya.

Royke mengatakan, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama jika padat dapat mempengaruhi arus lalu lintas sampai Tol Halim. Jika sangat terpaksa, pengendara akan digratiskan saat melintasi GT Cikarang Utama.

"Kalau masih macet ya tambah gardu, 'jemput bola'. Kalau pun terpaksa ada beberapa yang harus kita tarik ya dia free, tapi itu kalau sangat terpaksa, namum prediksi kami tidak sampai ke situ," jelas Royke.

Diakuinya, saat ini pihaknya telah menyiapkan skenario untuk mengurai kemacetan selama mudik lebaran tahun ini, terutama yang mengarah dari Jakarta ke Jawa Tengah. Salah satunya dengan membuka gerbang tol tambahan di sejumlah titik.

"Masing-masing sudah ada mulai dari Cikarut (Cikarang Utama), Palimanan, rest area, Brexit, Brebes Barat, Kaligangsa, Pejagan, ini semua sudah standby. Misalnya, setiap ada kepadatan pertama gardunya ditambah, kemudian petugas 'jemput bola', tergantung nanti di tol mana" tutur Royke.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Hila Japi