• News

  • Lingkungan

Setiap Tahun Curah Hujan Meningkat di Indonesia

Curah hujan meningkat di berbagai wilayah di Indonesia.
The Starye
Curah hujan meningkat di berbagai wilayah di Indonesia.

GORONTALO, NETRALNEWS.COM - Prakirawan BMKG Gorontalo, Fathuri mengatakan tren jumlah atau akumulasi curah hujan tahunan di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Gorontalo cenderung meningkat.

Catatan dari Stasiun Meteorologi Djalaluddin Gorontalo selama 40 tahun menunjukkan angka yang naik yakni rata-rata kenaikan 20mm curah hujan per tahun, kata Fathuri, Kamis (29/6/2017).

Hal ini, kata dia, membawa implikasi pada peningkatan jumlah aliran permukaan yang tentu membutuhkan daerah resapan yang lebih luas.

Daerah resapan tersebut seperti danau, sungai, hingga saluran-saluran dan irigasi yang lebih besar volumenya untuk mengalirkan curah hujan tersebut.

Sebelumnya, BMKG menyatakan Gorontalo bagian Utara secara historis klimatologis mempunyai tipe iklim Monsuna, yang artinya memiliki pola musim atau iklim yang relatif teratur setiap tahun.

"Ini menyebabkan Kabupaten Gorontalo Utara memiliki perbedaan yang jelas antara musim hujan dan musim kemaraunya. Wilayah seperti ini disebut sebagai daerah yang memiliki Zona Musim (ZOM)," ungkap Fathuri.

Dalam penomoran Zona Musim BMKG secara nasional, wilayah Gorontalo Utara bernomor ZOM 321.

Sedangkan di bagian Selatan Gorontalo, merupakan daerah yang tidak jelas perbedaan antara musim hujan dan kemarau sehingga disebut Non Zona Musim (NON ZOM).

"Ditambah lagi karena dekat dengan Khatulistiwa maka memiliki pola hujan equatorial, artinya pola hujan memiliki dua puncak musim dalam setahun. Namun dengan jumlah yang pas-pasan untuk penanaman padi sawah," tambahnya.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara