• News

  • Nusantara

Kemenkominfo Pasang 14 Titik Internet Gratis di Biak

Ilustrasi Internet Gratis
Detak
Ilustrasi Internet Gratis

BIAK, NETRALNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada tahun 2017 memasang sebanyak 14 titik layanan internet gratis untuk digunakan oleh masyarakat di wilayah paling timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

"Sebanyak 14 titik internet yang telah terpasang dan bebas diakses gratis komunitas masyarakat Biak Numfor itu merupakan bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Biak Salmon Yensenem, di Biak, Sabtu (25/11/2017).

Ia menyatakan pada setiap titik sasaran pemasangan internet gratis disediakan jaringan wifi yang dapat diakses selama 24 jam setiap hari.

Salmon berharap dengan pemasangan internet gratis itu, akan membantu kebutuhan para pelajar dalam mencari tugas berbagai mata pelajaran di sekolah.

"Pemerintah juga menginginkan akses fasilitas internet bagi komunitas masyarakat dapat terpenuhi untuk menjawab tuntutan kemajuan teknologi informasi," katanya lagi.

Sebanyak 14 titik internet gratis itu disebar dalam komunitas, lanjut Salmon, seperti area kantor klasis GKI Biak, Masjid Agung Baiturahman, lokasi kantor Dinas Kominfo Jalan Raya Mandouw serta beberapa komunitas masyarakat Biak lainnya.

Salmon mengajak warga komunitas yang mendapat fasilitas internet gratis itu untuk dapat menjaganya dengan baik karena disediakan melayani keperluan akses informasi bagi komunitas masyarakat di wilayah terdepan, tertinggal, dan terpencil di daerah ini.

Salah satu jemaah Masjid Agung Baiturahman Biak Muhammad Zami mengakui sudah dapat akses internet disediakan di area masjid ini secara gratis.

"Penyediaan fasilitas internet gratis ini di area masjid sangat membantu jemaah masjid untuk mengakses berbagai informasi termasuk dalam menjalin hubungan silaturahmi dengan kerabat dan keluarga," ujarnya pula seperti yang dikutip dari Antara.

Hingga Sabtu, fasilitas internet gratis di area Masjid Agung Baiturahman dengan bangunan payung parabola bertuliskan Kominfo dipasang di area samping menara dan tempat wudu jemaah masjid ini.

Editor : Sesmawati