• News

  • Nusantara

Lapas Jambi Kebanjiran, Narapidana Dievakuasi

Ilustrasi banjir di Bangka.
Dok. BNPB
Ilustrasi banjir di Bangka.

JAMBI, NNC - Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto mengungkapkan beberapa warga binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana dievakuasi ke tempat lebih tinggi akibat banjir yang merendam beberapa kamar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA pada Rabu (21/3) sore.

"Akibat hujan deras yang mengguyur kota Jambi kemarin (21/3) sekira pukul 18.00 selama kurang lebih 5 jam, Lapas Jambi kembali terendam banjir akibat melimpahnya saluran air yang melintas di dalam Lapas," kata Ade kepada Antara di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Menurut dia, kebanjiran ini terjadi karena buruknya saluran keluar air yang melintasi Lapas dan terjadi penyempitan di luar yang melalui perumahan penduduk.

"Akibat banjir tersebut beberapa kamar hunian WBP juga terendam banjir dan warga dievakuasi ke blok yang lebih tinggi dan aman," katanya.

Untuk mengantisipasi air lebih tinggi lagi, katanya, pintu gerbang Lapas telah dibuka, sehingga air keluar melalui pintu gerbang.

Ade menambahkan bahwa terendamnya beberapa kamar hunian WBP ini karena buruknya sistim drainase di luar tembok Lapas klas II A Jambi ini.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, katanya, pihak Lapas meminta bantuan kepolisian untuk membantu keamanan.

"Pengamanan di-'back up' Polsek Kota Baru dan Kakanwil Kemenkumham dan Kadivpas Jambi hadir turut serta membantu penanggulangan banjir," kata Ade, melansir Antara.

Editor : Lince Eppang