• News

  • Nusantara

Polisi Gadungan Tilang Pengendara Motor dan Minta Uang, Ditangkap Polisi Beneran

Aksi Agus, polisi gadungan yang viral di Facebook
gridoto
Aksi Agus, polisi gadungan yang viral di Facebook

KARAWANG, NNC - Nekat betul si Agus ini. Dia berpura-pura jadi polisi di Jalan Lingkar Luar Tanjungpura. Di situ dia beraksi, melakukan sejumlah tilang lalu meminta melakukan pemerasan kepada para pengendara.

Sialnya, aksi Agus ini terekam kamera yang diviralkan di media sosial, seperti Facebook. Dalam unggahan di medsos, laki-laki berbadan besar yang mengunakan sepatu lapangan serta celana coklat menyerupai polisi itu menghentikan pengendara motor yang melakukan pelanggaran, selayaknya polisi lalu lintas di jalan raya. Berdasar keterangan yang diunggah di akun tersebut, polisi gadungan memeras para pemotor dengan meminta uang sebesar Rp200 ribu.

Tak butuh waktu lama, polisi melakukan penyelidikan dan kemudian melakukan penangkapan, Jumat (14/12/2018). Si Agus yang ternyata berprofesi sebagai petugas kebersihan  ini tak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, di Karawang mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari unggahan di medsos, pihaknya langsung menindaklanjutinya dan menangkap Agus yang merupakan petugas kebersihan di Pos Polisi Karawang Timur.

"Sekarang pelaku sedang dalam pemeriksaan Unit Reskrim Polsek Karawang Kota," katanya dilansir Antara.

Kata dia, modus yang dilakukan Agus  mengaku-aku sebagai polisi. "Kemudian memberhentikan pengendara yang melanggar lalu lintas. Saat itulah terjadi pemerasan," jelasnya.

Dalam melancarkan aksinya, Agus tidak menggunakan atribut polisi. Tapi hanya terlihat memberhentikan pengendara sepeda motor.

Saat ini, Polres Karawang dan Polsek Karawang Kota sedang mencari korban dari aksi polisi gadungan tersebut.

"Kami sedang berupaya mencari korban yang diberhentikan pelaku. Kami akan mengonfirmasi informasi pemerasan itu dari pengendara yang dihentikan oleh yang bersangkutan," kata dia.

Editor : Wulandari Saptono