• News

  • Nusantara

Polda Sulsel Amankan 7 Kg Sabu Murni Asal Malaysia

Ilustrasi narkoba jenis sabu.
Tribratanews
Ilustrasi narkoba jenis sabu.

MAKASSAR, NETRALNEWS.COM - Sebanyak tujuh kilogram narkotika jenis sabu-sabu asal Malaysia berhasil digagalkan peredarannya oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan. Pelakunya berhasil ditangkap Ditresnarkoba Polda.

"Penangkapan tujuh kilogram sabu ini hasil pengembangan dari tangkapan anggota beberapa waktu lalu yang berhasil mengamankan satu kilogram di Kabupaten Pinrang," kata Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin di Makassar, Jumat (22/3/2019).

Adapun, pelaku yang terdiri dari dua orang berhasil diamankan petugas, masing-masing berinisial AR, warga Kabupaten Pinrang, dan HP, warga Kabupaten Sidrap.

Lebih lanjut, Hamidi menjelaskan, tujuh paket sabu yang diamankan tersebut disita dari HP di Desa Wattang Sawitto, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap. Sabu tersebut disembunyikan oleh pelaku di rumah-rumahan sawah dengan cara menanamnya ke dalam tanah pertanian.

"Barangnya ini di tanam di sekitar rumah-rumahan persawahan. Tujuh kilogram itu bagian dari yang satu kilogram sehingga total yang kami amankan itu delapan kilogram," katanya.

Dia menyebut delapan kilogram sabu ini setelah diujikan di laboratorium forensik didapatkan hasil jika sabunya masih sangat murni tanpa oplosan atau campuran.

"Ini sabu kristal yang masih murni dan belum dioplos. Biasanya pelaku itu mengoplos dan mencampurnya dengan tawas untuk mendapatkan keuntungan lebih," ujarnya.

Reporter : Sesmawati
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?