• News

  • Nusantara

Aneh, Pemilik SIM C di Kerangka Manusia yang Ditemukan di Jepara, Masih Hidup

Identitas di SIM C yang ditemukan di sekitar kerangka manusia
Netralnews/Istimewa
Identitas di SIM C yang ditemukan di sekitar kerangka manusia

JEPARA, NETRALNEWS.COM – Aparat Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, menyelidiki temuan kerangka manusia yang ditemukan di kawasan Hutan Damarwulan, Kecamatan Keling, Jepara, Selasa (13/8/2019).

Menurut Kabagops Reskrim Polres Jepara Iptu Hadi S di Jepara, Rabu (14/8), kerangka manusia yang belum bisa dipastikan jenis kelaminnya itu ditemukan oleh warga yang kebetulan melintas di kawasan hutan tersebut.

Lokasi temuan, kata dia, berada jauh dari jalan raya. Bahkan, kata dia, tim evakuasi menuju lokasi temuan juga tidak mudah, karena lokasinya yang berada di dalam kawasan hutan.

"Namun, saat ditemukan terdapat SIM C atas nama seorang perempuan asal Kudus," ujarnya.

Ketika ditelusuri sesuai alamat yang tertera di SIM C, ternyata orangnya masih hidup. Untuk kepentingan penyelidikan, kata dia, dihadirkan pula tim medis dari Puskesmas setempat.

"Guna memastikan jenis kelamin, maka perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut, termasuk menghadirkan tim Labfor," ujarnya seperti dilansir Antara.

Selain itu, kata dia, juga untuk mengidentifikasi apakah ada dugaan meninggalnya karena ada unsur kesengajaan menghilangkan nyawa orang atau mati karena faktor lain.

Untuk mengungkap temuan kerangka manusia tersebut, aparat kepolisian juga membutuhkan bantuan masyarakat, termasuk informasi pemilik SIM C yang ikut ditemukan di lokasi temuan.

Seperti diberitakan sebelumnya, jasad manusia yang sudah berbentuk tulang belulang dan tengkorak ditemukan di aliran Kali Damarwulan, Desa Damarwulan, Kecamatan Keling, Jepara, Selasa (13/8/2019). Kerangka manusia ini ditemukan seorang warga yang sedang mencari rumput.

Kapolsek Keling Iptu Dafid F menyatakan bahwa penemuan tersebut telah dilaporkan kepada pihaknya dan sejumlah pihak terkait. Usaha evakuasi akhirnya baru bisa diselesaikan menjelang petang hari sekitar pukul 14.30 WIB.

Upaya evakuasi dilakukan Polsek Keling bersama Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, relawan, dan masyarakat sekitar. Usaha untuk mencapai lokasi membutuhkan usaha keras, karena lokasi penemuan berada di dasar jurang.

“Tim evakuasi harus menggunakan tali tambang untuk bisa menjangkau lokasi. Kami juga mengerahkan Tim Inafis untuk melakukan olah TKP,” katanya.

Dari upaya yang telah dilakukan, tim evakuasi mendapati beberapa benda. Di antaranya tulang belulang dan tengkorak manusia. Kemudian juga pakaian dan sebuah kartu identitas berupa SIM C.

Benda tersebut ditemukan dalam kondisi baik dan menyebutkan identitas atas nama Arindi Suci Prastica. Sesuai dengan data di SIM C, alamat pemilik disebutkan di Desa Ngembal Kulon RT 1 RW I, Kecamatan Jati, Kudus.

Sim C tersebut ditemukan di antara tumpukan pakaian yang ada di lokasi penemuan. Semua barang tersebut dibawa untuk ditindak-lanjuti. Tulang belulang dan tengkorak kemudian dibawa ke RSUD Kartini Jepara.

Editor : Taat Ujianto