• News

  • Nusantara

Kapolres Manokwari Komitmen Melayani Tanpa Pungli

Kapolres Manokwari.Kapolres Manokwari, Papua Barat, AKBP Christian Runi. (Cahaya Papua)
Kapolres Manokwari.Kapolres Manokwari, Papua Barat, AKBP Christian Runi. (Cahaya Papua)

MANOKWARI, NETRALNEWS.COM - Kapolres Manokwari, Papua Barat, AKBP Christian Runi berkomitmen memberikan layanan kepada masyarakat secara maksimal tanpa pungutan liar.

Ditemui di Manokwari, Jumat (28/10/2016), Kapolres mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan sesuai peraturan kepolisian pada setiap kebutuhan layanan masyarakat.

"Tugas kita adalah sebagai aparat negara memberikan pelayanan keamanan dan setiap administrasi kepolisian yang dibutuhkan masyarakat. Kita pun wajib mengayomi dan memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata dia.

Dia menegaskan, dirinya akan menindak setiap personel di jajarannya yang menjalankan praktik pungutan liar.

Ia juga mengajak warga turut mengawasi kinerja aparat kepolisian dan melaporkan jika melihat atau memiliki bukti pungli yang dilakukan anggotanya.

Sejauh ini, kata dia, belum ada laporan mengenai pungli yang dilakukan anggota Polres Manokwari. Ia tidak akan berkompromi jika perilaku buruk itu terbukti dilakukan oleh personel di jajaranya.

Pada wawancara secara terpisah, Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Manokwari Yacob Yenu mengungkapkan, pungli rentan terjadi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah daerah.

Dia menyebutkan, pungutan tersebut biasanya dilakukan kepala SKPD kepada para kontraktor yang memperoleh paket pekerjaan di SKPD tersebut.

"Kami minta kepala daerah serius mengawasi kinerja setiap kepala SKPD dan jajaran. Praktik seperti ini bisa menghambat pembangunan dan pemberdayaan pengusaha pemula," kata dia.

Yacob berharap kepala daerah menyiapkan sanksi tegas terhadap pejabat pemerintahan yang melakukan pungli. Jika tidak hal itu juga dapat menghambat perkembangan investasi di daerah ini.

"Ini penyakit, kalau tidak segera disembuhkan akan merembet dan menjadi virus bagi kerja pemerintahan," kata dia lagi.

Ia mendukung langkah Presiden Joko Widodo memberantas pungli. Pihaknya siap membantu kerja pemerintah untuk memberantas pungli di daerah.

 

Editor : Marcel Rombe Baan