• News

  • Nusantara

Jalur Kereta Yogyakarta-Magelang Akan Diaktifkan Kembali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (shippinglineindonesia.com)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (shippinglineindonesia.com)

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah berencana mengaktifkan kembali jalur kereta api yang menghubungkan Yogyakarta dan Magelang untuk mendukung pengembangan industri pariwisata di daerah tersebut.

Guna mendukung rencana tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadiyang didampingi sejumlah pejabat di Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan pejabat PT KAI melakukan peninjauan di jalur tersebut, Senin (7/11/2016).

"Akan dilakukan reaktivasi jalur. Mau survei dulu bagaimana kondisinya," kata Budi Karya di sela peninjauan singkat di kawasan Pingit Yogyakarta.

Menurut dia, jalur kereta yang menghubungkan Yogyakarta dan Magelang memiliki potensi untuk dihidupkan kembali, khususnya untuk mendukung pengembangan pariwisata di Candi Borobudur.

Meskipun demikian, Budi masih enggan menyebut kepastian waktu untuk merealisasikan rencana tersebut.

"Kita lihat dulu bagaimana kondisinya, baru nanti ditentukan seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan," katanya.

Jalur kereta yang menghubungkan Yogyakarta dan Magelang sudah ada sejak zaman Belanda. Namun, jalur tersebut kemudian terputus seiring dengan pembangunan jalan raya dan permukiman penduduk.

Salah satu bekas stasiun yang dulunya menghubungkan Yogyakarta dan Magelang adalah Stasiun Beran. Bangunan stasiun tersebut kini sudah berubah menjadi sebuah kantor koramil.

Rencana untuk mengaktifkan jalur kereta Yogyakarta dan Magelang sudah muncul beberapa tahun yang lalu. Namun, belum juga direalisasikan hingga saat ini.

Editor : Sesmawati
Sumber : Antara